HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN CAKUPAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR PADA BATITA DI DESA SANGSO KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

Minda Septiani, Zhuhra Mita

Abstract


ABSTRAK

           

Imunisasi adalah suatu tindakan memberikan kekebalan tubuh kepada seseorang dengan memasukkan vaksin agar kebal terhadap suatu penyakit.Vaksin merupakan bibit penyakit yang sudah dilemahkan. Penyakit yang dapat dicegah dengan jalan imunisasi contohnya difteri, tetanus, TBC, campak, dan polio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dan dukungan keluarga dengan cakupan pemberian imunisasi dasar di Desa Sangso Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen Tahun 2020.

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Agustus 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun yang ada di Desa Sangso Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen sebanyak 81 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara total populasi yang diperoleh dengan melakukan kunjungan rumah (door to door) sebanyak 81 orang. Teknik analisis data univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square.

Hasil uji statistik chi-square antara hubungan pengetahuan Ibu dengan cakupan pemberian imunisasi dasar didapatkan nilai p (0,000) < α (0,05) berarti ha diterima dan ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan cakupan pemberian imunisasi dasar di Desa Sangso Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen Tahun 2020. Hasil uji statistik chi-square antara dukungan keluarga dengan cakupan pemberian imunisasi dasar didapatkan nilai p (0,074) > α (0,05) berarti ho diterima dan ha ditolak, dapat disimpulkan bahwa  tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan cakupan pemberian imunisasi dasar di Desa Sangso Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen Tahun 2020.

Diharapkan kepada responden  untuk lebih aktif mencari informasi khususnya tentang imunisasi dasar.

 

 

Kata Kunci        : Pengetahuan, Dukungan Keluarga, Imunisasi Dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

Secretariat Office
Phone: 0651-7555566
Email: rs.renjani@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License