HUBUNGAN PENINGKATAN BERAT BADAN DAN PERUBAHAN SIKLUS HAID DENGAN PEMAKAIAN KONTRASEPSI IMPLANT PADA AKSEPTOR KB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEUNIEB KABUPATEN BIREUEN

Misrina ., Rosa Amelia Putri

Abstract


Abstrak

Salah satu Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yaitu implant, metode kontrasepsi yang diinsersikan pada bagian subdermal, yang hanya mengandung progestin dengan masa kerja panjang, dosis rendah dan reversible untuk wanita. Efektivitas dari penggunaan kontrasepsi implant ini sangat tinggi. Daya gunanya tinggi dapat dipakai dalam jangka panjang,  pengembalian kesuburan cepat kembali dari pengaruh hormon estrogen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan peningkatan berat badan dan perubahan siklus haid dengan pemakaian kontrasepsi implant pada akseptor KB di Wilayah Kerja Puskesmas Jeunieb Kabupaten Bireuen.

Populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh akseptor KB implant yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Jeunieb Kabupaten Bireuen sebanyak 252 jiwa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling yaitu pengambilan secara kelompok dari populasi sebanyak 61 orang.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) hasil perhitungan menunjukkan nilai p value (0,014) < α  (0,05) berarti ha diterima, dan ho ditolak, dengan demikian ada hubungan antara pemakaian kontrasepsi implant dengan peningkatan berat badan. Dari hasil uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) hasil perhitungan menunjukkan nilai p value (0,048) < α (0,05) berarti ha diterima, dan ho ditolak, dengan demikian ada hubungan antara pemakaian kontrasepsi implant dengan perubahan siklus haid.           

Diharapkan agar responden mau dan aktif mencari informasi tentang KB implant. Selain itu dengan adanya penelitian ini responden tidak perlu cemas dengan gejala efek samping yang ditimbulkan karena pemakaian implant.

 

Kata Kunci         : Berat badan, Siklus haid, KB Implant


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

Secretariat Office
Phone: 0651-7555566
Email: rs.renjani@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License