HUBUNGAN SELF EFFICACY TERHADAP STRES PADA DOSEN PEMULA DI UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA

Andi Syahputra, Rahmi Nidia Putri

Abstract


Stres dapat diartikan sebagai suatu masalah, tuntutan yang membebani atau sangat melampaui kemampuan seseorang dan membahayakan kesejahterahannya. Tema ini menjadi sangat menarik untuk dibahas ketika subjek penelitian adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan sripsi. Pada saat mengerjakan skripsi mahasiswa mempunyai banyak permasalahan baik dari dalam diri mahasiswa tersebut atau dari lingkungannya sehingga mahasiswa lebih memilih untuk menghindari skripsi karena tidak yakin dengan kemampuannya. Keyakinan akan ketidakmampuan diri ini berkaitan erat dengan tinggi rendahnya self efficacy dosen tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan stres dosen yang sedang mengerjakan penelitian dosen. Penelitian dilakukan pada dosen Universitas Ubudiyah Indonesia jumlah subjek penelitian sebanyak 40 dosen. Alat pengumpulan data berupa kuesioner self efficacy yang terdiri dari 25 item dan kuesioner stres yang terdiri dari 23 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesa penelitian ditolak yang berarti tidak ada hubungan antara self efficacy dengan stres pada dosen yang sedang mengerjakan penelitian (r=0,005; p= 0,928>0,05).

 

Kata kunci: self efficacy, stres, dosen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v3i2.1438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License