ANALISIS PELAKSANAAN INFORMED CONSENT PADA PASIEN BEDAH ELEKTIF RAWAT INAP DI RSUD DR. PIRNGADI MEDAN

Vinny Alvionita, Juliandi Harahap, Nur Aini

Abstract


ABSTRAK

Pelayanan kesehatan yang bermutu tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan akan pentingnya menjaga kepuasan pasien, termasuk dalam menangani keluhan yang disampaikan oleh pasien. Kebutuhan pasien yang diutamakan sehingga pasien merasa terpuaskan akan setiap pelayanan yang mereka terima dan kemudian dari kepuasan itu lahirlah loyal atau kesetiaan mereka sehingga membuat mereka untuk tidak beralih rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui tentang pelaksanaan Informed Consent pada pasien bedah elektif rawat inap di RSUD Dr. Pirngadi Medan tahun 2021.

Penelitian ini menggunakan yakni kualitatif dari penelitian ini adalah maka sampel sebanyak 15 orang yaitu 6 informan utama yaitu Dokter Spesialis Bedah RSUD Dr. Pirngadi Medan sebanyak 5 orang dan Dokter Spesialis Anestesi RSUD Dr. Pirngadi Medan sebanyak 1 orang Dan 9 informan pendukung. 6 orang informan kunci, dan 9 orang informan triangulasi.

Hasil penelitian Penjelasan Informed Consent pada pasien bedah elektif. Tindakan sebelum dioperasi  sudah di jelaskan oleh dokter dengan rinci sesuai ketentuan Permenkes tentang Informed Consent, pelaksaan pengisian Informed Consent sudah sesuai SPO, tindakan yang dilakukan pihak rumah sakit Informed Consent pasien bedah berjalan lancar, dan pengisian Informed Consent sudah lengkap terisi. Dengan hasil penelitian ini diharapkan RSUD Dr. Pirngadi Medan diharapkan dapat meneruskan, mempertahankan, dan mengembangkan program-program keselamatan dan sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pasien dalam melakukan operasi dengan memberikan informasi yang detail.

 

Kata Kunci                : Informed Consent, Bedah Elektif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i2.1764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License