Hubungan Karakteristik Ibu Dengan Kemampuan Toilet Training Anak Usia 3-5 Tahun di Desa Meunasah Tunong Kecamatan Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur

Rika Mursyida, Muliani Muliani

Abstract


Kemandirian anak mendukung anak dalam belajar memahami pilihan perilaku beserta resiko yang harus dipertanggung jawabkan oleh anak. Oleh karena itu anak harus dididik pelatihan penggunaan toilet training, dalam hal ini orang tua harus memahami keadaan anak, tingkat perkembangan dan cara belajar anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan karakteristik ibu dengan kemamuan toilet training anak usia 3-5 tahun di desa Meunasah Tunong Kecamatan Pante Bidari Kabupaten aceh Timur tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitik. Jumlah populasi dalam penelitian ini 78 orang ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun di desa Meunasah Tunong Kecamatan Pantee Bidari Kabupaten Aceh Timur. Penyebaran kuesioner pada penelitan ini dilakukan pada tanggal 7-19 Maret 2022 di desa Meunasah Tunong Kecamatan Pantee Bidari Kabupaten Aceh Timur. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara umur ibu dengan kemampuan toilet training pada anak usia 3-5 tahun dengan nilai di dapatkan ρ value = 0,453 yang berarti ρ > α. Hasil analisa statistik  menggunakan Chi-square test di dapatkan ρ value = 0,000 yang berarti ρ < α yang berarti  ada hubungan antara pekerjaan ibu dengan kemampuan toilet training pada anak usia 3-5 tahun. Hasil analisa statistik  menggunakan Chi-square test di dapatkan ρ value = 0,000 yang berarti ρ < α yang berarti  ada hubungan antara pendidikan ibu dengan kemampuan toilet training pada anak usia 3-5 tahun. Diharapkan penelitian ini mampu memberikan penyuluhan tentang penerapan toilet training pada anak.

Kata Kunci: Karakteristik ibu + Toilet training pada anak usia 3-5 tahun

 

The independence of the child supports in learning to understand the choice of behavior and the risks that the child must be responsible for. Therefore, children must be trained in the use of toilet training, in this case parents must understand the child's condition, level of development and how the child learns. The purpose of the study was to determine the relationship between maternal characteristics and toilet training abilities for children aged 3-5 years in Meunasah Tunong Village, Pante Bidari District, East Aceh Regency in 2022. The method used in this research is descriptive analytical method. The total population in this study was 78 mothers with children aged 3-5 years in Meunasah Tunong Village, Pantee Bidari District, East Aceh Regency. The distribution of the questionnaire in this research was carried out on 7-19 May 2022 in the village of Meunasah Tunong, Pantee Bidari District, East Aceh Regency. Based on the results of the research conducted, it was found that there was no relationship between maternal age and toilet training abilities in children aged 3-5 years with a ρ of value = 0.453, which means ρ > α . The results of statistical analysis using the Chi-square test obtained value = 0.000 which means < which means that there is a relationship between mother's work and toilet training abilities in children aged 3-5 years. The results of statistical analysis using the Chi-square test obtained ρ value = 0.000 which means ρ < α which means there is a relationship between mother's education and toilet training ability in children aged 3-5 years. It is hoped that this research will be able to provide counseling about the application of toilet training to children.

Keywords: Characteristics of mothers + Toilet training in children aged 3-5 year


Full Text:

PDF

References


Puspita Sari. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Toilet Training pada Anak Prasekolah. Journal of nurse volume 2 no 3 Desember 2014

Hidayat A.Aziz dam Alimul. (2015). Pengantar ilmu keperawatan anak 1. Jakarta: Salemba Medika

Nurul.dkk. (2017). Ilmu Kesehatan Anak Edisi 15 Volume 3. Jakarta: EGC

Supartini, Yupi. (2014). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC

Suryati, Luqman. (2013). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training dengan Penerapan Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang.

Whaley, Penny dan Paula Kelly. 2017. Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Arcan, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i1.2173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License