Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baiturrahman Banda Aceh

Fauziah Andika, Prima Hariyanto

Abstract


Mutu pelayanan kesehatan sangat dipengaruhi oleh kualitas saran fisik, jenis tenaga yang tersedia, obat, alat kesehatan dan sarana penunjang lainnya, proses pemberian pelayanan, dan kompensasi yang diterima serta harapan masyarakat pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Baiturrahman, penelitian ini bersifat kuantitatif mengunakan analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berkunjung di puskesmas baiturrahman, yang berjumlah 85.775 dan memakai rumus slovin di dapatkan sampel berjumlah 99 orang. Pengumpulan data ini diambil pada tanggal 06 Maret 2017. Analisa data menggunakan aplikasi computer, berdasarkan analisa Univariat didapatkan hasil kepuasan pasien puas 46 (46,5%) kurang puas 53 (53,5%),pengetahuan baik 40 (40,4%) kurang baik 59 (59,6%), akses terhadap pelayanan tersedia 33 (33,3%) tidak tersedia 66 (66,7%), fasilitas kesehatan lengkap 42 (42,4%) kurang lengkap 57 (57,6%), kenyamanan nyaman 34 (34,3%) kurang nyaman 65 (65,7%) dan analisa bivariat didapatkan hasil bahwa hubungan akses pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di dengan 0.008 < α = 0.05, hubungan kepuasan pasien dengan fasilitas pelayanan dengan 0.042 < α = 0.05, hubungan kepuasan pasien dengan kenyamanan dengan 0.016 < α = 0.05,  hubungan kepuasan pasien dengan pengetahuan dengan 0.015 < α = 0.05, atau ada hubungan antara kepuasan pasien dengan akses terhadap pelayanan, ada hubungan antara kepuasan pasien dengan fasilitas pelayanan, ada hubungan antara kepuasan pasien dengan kehandalan petugas, ada hubungan antara kepuasan pasien dengan kenyamanan, ada antara kepuasan pasien dengan pengetahuan.

Keywords


Kepuasan pasien, mutu pelayanan

Full Text:

PDF

References


Hamidiyah, Azizatul., (2013). Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Di Klinik Umum rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Kota Tanggerang Selatan Tahun 2013. Jurnal.

Hartini, Sri., (2012). Pengaruh Tarif Rawat Inap, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien Di RSU Jati Husada Karanganyar. Jurnal.

Hardjodisastro, Daldiyono., (2011). Menuju Seni Ilmu Kedokteran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Jahid, Halimah., (2013). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jamkesmas Pada Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal.

Khairani, Laila., (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi kepuasa Pasien Rawat Jalan RSUD Pasaman Barat. Jurnal.

Karyati, Sri Berdi., (2006). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Obstetri Dan Ginekologi Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2006. Jurnal.

Mubin, Lia Farihul., (2012). Prediksi Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode Genetic Fuzzy Systems studi kasus : Rumah Sakit Usada Sidoarjo. Jurnal.

Nonutu, Prissy Thalia., (2015). Hubungan Jumlah Kunjungan Pasien Dengan Ketepatan Pelaksanaan Triase Di Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof.Dr.R. Kandou Manado. Jurnal.

Nurlianti, Dewi., (2014). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Anak Rumah Sakit Umum Daerah Pantura M.A Sentot Patrol Kabupaten Indramayu Tahun 2014. Jurnal.

Rosmawati. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Bhakti Kartini. Jurnal.

Wilantara, Irchas Eko., (2015). Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Pada Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) Di Kota Banda Lampung. Jurnal.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v3i2.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License