PENGARUH FAKTOR EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU SEKSUAL REMAJA SMK KESEHATAN ASSYIFA SCHOOL BANDA ACEH

T Murhadi, Evi Kurniawati

Abstract


Abstrak

Prilaku seksual remaja antara lain disebabkan kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, adanya penyebaran media informasi dan rangsangan seksual melalui media massa serta Efikasi diri yang merupakan keyakinan akan kemampuan diri untuk melakukan suatu tindakan yang diharapkan dan juga yang melatar belakangi remaja untuk melakukan suatu tindakan atau mengontrol kondisi khususnya yeng berhubungan dengan prilaku seksual.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor Efikasi Diri terhadap perilaku seksual remaja di SMK Kesehatan Assyifa School Banda Aceh. Metode Penelitian  yang akan dilakukan bersifat deskriptif analitik dengan desain cross sectional, dengan objek penelitian adalah seluruh siswa SMK Kesehatan Assyifa School Banda Aceh, menggunakan analisa univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efikasi Diri Siswa lebih banyak pada kategori rendah sebanyak 121 siswa (63,4 %), Perilaku seksual remaja lebih banyak banyak pada kategori Negatif sebanyak 97 siswa (50,8 %) dan Efikasi Diri Remaja yang rendah dan prilaku seksual negatif sebanyak 69 siswa (57,0 %) dengan nilai p value 0,02.

Kesimpulan berarti ada pengaruh antara efikasi diri terhadap perilaku seksual Remaja. Diharapkan mengaktifkan peran bimbingan dan konseling tentang kesehatan seksual, reproduksi dan kehamilan yang sehat kepada seluruh siswa serta memberikan reward terhadap kelebihan yang dimiliki setiap siswa sehingga tercipta rasa percaya diri, harga diri, dan efikasi diri yang tinggi untuk hal yang positif.


Keywords


Efikasi Diri, Prilaku Seksual, Remaja

Full Text:

PDF

References


Bandura, A and Locke, EA. 2003. Negative Self-Efficacy and Goal Effects Revisited.Journalof Applied Psychology. Vol 88 No. 1

Bandura A. Social cognitif theory in : Lange PAM, Kruglanski AW, Higgins E, eds. 2011. Handbook of theories of social psychology. London : SAGE published.

Bilhuda, Ning Penggalih .halopsikolog.com/berisikokah-perilaku-seksual-remaja/On March 8, 2017.

Gufran, MN dan Risnawita, R (2010). Teori Teori Psikologi. Jogyakarta. Ar-Ruzz Media Group.

Jimoh, AM dan Grace, OO. 2013. Effects of Emotional Knowledge, Self-Efficacy and arental Involvement on Goal Setting Behaviour among Adolescents in Ibadan Area of Oyo State.European Journal of Business and Management. Vol. 5, No. 6.

Julike, FP dan Endang, S. 2012. Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Perilaku Mencari Pengobatan pada Penderita Kanker Payudara di RSUD. Jurnal Psikologi Klinis danKesehatan Mental. Vol. 1 No. 02.

Sarwono, SW. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Saryono.

Wahyuni, S. (2012). “Hubungan Antara Pengetahuan Remaja Tentang Penyakit Menular Seksual (PMS) Dengan Jenis Kelamin Dan Sumber Informasi Di SMAN 3 Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah STIKES U’Budiyah. Vol.1, No.2, Maret 2012.

Winarni. 2017. Efikasi Diri dan Prilaku seksual Pranikah Remaja SMA, Jurnal Gaster. Vol XV. No. 2.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v5i2.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

Secretariat Office
Phone: 0651-7555566
Email: rs.renjani@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License