PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES HANGAT TERHADAP PENURUNAN RASA NYERI PERSALINAN KALA I FASE AKTIF DI BIDAN PRAKTEK MANDIRI YULIA FONNA SKM DESA LIPAH RAYEUK KECAMATAN JEUMPAKABUPATEN BIREUEN TAHUN 2019

Yolla Asmaul Nufra, Azimar Azimar

Abstract


Abstrak

Selama proses persalinan hampir sebagian besar ibu bersalin mengalami nyeri, yang membedakannya adalah tingkat nyerinya, ada yang benar-benar merasakan sakit yang luar biasa, namun juga banyak yang tidak terlalu lama. Hal ini banyak faktor penyebabnya, dimulai dari keletihan, stres, cemas dan tegang selama kontraksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Terhadap Penurunan Rasa Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif Di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Yulia Fonna SKM Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen Tahun 2019.

Desain yang digunakan adalah Preexperimental design dengan pendekatakan one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan pada Mei - Juni 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin kala I Fase aktif yang mengunjungi BPM. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode quota sampling dengan jumlah responden 30 orang di BPM Yulia Fonna. Teknik analisa data univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan uji wilcoxon.

Hasil pengolahan data diperoleh nilai p value (0.000) < a (0,05). Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan kompres hangat terhadap penurunan rasa nyeri persalinan kala I fase aktif. Adapun hasil analisa bivariat menunjukkan bahwa dari 30 responden, 27 diantaranya mengalami penurunan rasa nyeri, 3 responden lainnya memiliki skala nyeri sama baik sebelum maupun sesudah intervensi.

Diharapkan untuk tempat penelitian agar lebih memperhatikan kebutuhan ibu bersalin akan rasa nyaman, penerapan kompres hangat ini dapat dijadikan pertimbangan bagi bidan dalam memberikan asuhan sayang ibu agar dapat mengurangi tingkat nyeri dan rasa sakit dalam menghadapi persalinan.


Keywords


Kata kunci: Kompres Hangat, Rasa Nyeri, Persalinan.

Full Text:

PDF

References


Asrinah, Putri SS, Sulistyorini D, Muflihah IS, Sari DN. (2010). Asuhan Kebidanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bakara DM, Lagora R, Farizal J. (2013). Pengaruh Kompres Hangat Kering Pada Nyeri Persalinan Primipara Kala I Fase Aktif. Jurnal Kesehatan Poltekes Pontianak.

Devi TER, Sulastriningsih K, Tiawaningrum E. (2018). Pengaruh Yoga Prenatal dan Hybnobirthing Terhadap Proses persalinan Kala I Pada Ibu Bersalin di BPM Restu Depok Periode Januari-Juni Tahun 2017. Jurnal Stikes Nani Hasanuddin Makasar.

Felina M, Masrul, Iryani D. (2015). Pengaruh Kompres Panas dan Dingin terhadap Penurunan Nyeri Kala I Fase Aktif Persalinan Fisiologi Ibu Primipara. Jurnal Fakultas kedokteran Unand.

Fitrianingsih Y, Wandani K. (2018). Pengaruh kompres Hangat Terhadap Rasa Nyeri Persalinan Kala I Fase Persalinan Fase Aktif di BPM Kota Cirebon. Jurnal Kesehatan Unitri.

Hidayat, AA. (2014). Metode Penelitian Kebidanan dan teknik Analisis Data. Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Iman, M. (2012). Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Bidang Kesehatan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Iman, M. (2016). Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metodelogi Penelitian Ilmiah. Bandung: Citapustaka Media Rintis.

Johariyah, Ningrum EW. (2012). Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.

Juniartati E, Widyawati MN. (2018). Literature Reviev:Penerapan Counter Pressure Untuk Mengurangi Nyeri Persalinan Kala I. Jurnal Kesehatan Poltekes Semarang

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Padila. (2014). Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahman SA, Handayani A, Sumarni, Mallongi A. (2017). Penurunan Nyeri Persalinan Dengan kompres Hangat dan Massage Effleurage. Jurnal Kesehatan Universitas Hasanuddin

Rohan HH, Siyoto S. (2013). Kesehatan Reproduksi. Yogyajakarta: Nuha Medika.

Sari EP, Rimandini KD. (2014). Asuhan Kebidanan Persalinan (intranatal Care). Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.

Sulistyowati WWD, Sari IRT. (2018). Efektifitas Kompres Hangat Terhadap Sensasi Rasa Nyeri Pada Kala I Fase Aktif Ibu Primigravida. Jurnal Universitas Adi Buana Surabaya.

Trirestuti C, Puspitasari D. (2018). Asuhan Kebidanan 2. Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.

World Health Organization (WHO). (2018). Making childbirth a positive experience. Situs Human Reproduction Programme.

Wulandari P, Kustriyani M, Chasanah U. (2016). Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Terhadap Intensitas Nyeri Pada Ibu Bersalin kala I Fase Aktifei RB. Mardi Rahayu Semarang. Jurnal Kesehatan Universitas Muhammadiah Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v5i2.481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

Secretariat Office
Phone: 0651-7555566
Email: rs.renjani@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License