Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Booklet Pada Ibu Hamil Terhadap Tigkat Pengetahuan Gizi Pada Masa Kehamilan Di Desa Desa Pulo Kiton Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Tahun 2020

Sarah Nadiya, Rahma Rahma

Abstract


Kualitas makanan yang diperoleh ibu selama hamil sangat menentukan kesehatan pada ibu dan janin. Oleh karena itu ibu hamil harus mengetahui nutrisi yang terbaik baginya selama hamil. Karena tubuh ibu menyiapkan diri untuk memberikan zat makanan kepada bayi didalam kandungan.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media booklet pada ibu hamil terhadap tingkat pengetahuan tentang gizi pada masa kehamilan di Desa Pulo Kiton Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen.

Desain penelitian yang digunakan adalah preeksperimental design dengan pendekatan one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh ibu hamil di Desa Pulo Kiton Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan  total populasi yaitu sebanyak 33 orang.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tanggal 30 Juni 2019, menunjukkan nilai N, mean rank dan sum of rank pada negatif  rank  yaitu 0 yang artinya tidak ada penurunan tingkat pengetahuan dari sebelum atau sesudah penyuluhan, Pada nilai positif rank  menujukkan nilai N 27, nilai mean rank 14, sum of rank  378.00 artinya ada responden yang mengalami peningkatan tingkat pengetahuan dari sebelum sampai sesudah diberikan penyuluhan. Sedangkan pada nilai N ties terdapat 6 responden, artinya ada responden yang memiliki tingkat pengetahuan yang sama yaitu sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Hasil analisis statistik menggunakan uji wilxocon, didapatkan nilai p value (0,000) < α (0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Diharapkan kepada responden untuk lebih aktif mencari informasi dan menambah wawasan dari media atau tenaga kesehatan mengenai kebutuhan gizi pada masa kehamilan.

 

Kata kunci : Booklet, Pengetahuan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

Secretariat Office
Phone: 0651-7555566
Email: rs.renjani@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License