Pola Konsumsi Masyarakat Miskin Gampong Lingom Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Dedi Sufriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat miskin di desa Lingom Kecamatan IndrapuriKabupaten Aceh Besar.Penelitian ini berpendekatan kualitatif, berjenis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa pola pengeluaran konsumsi keluarga miskin di Gampong Lingom tergolong rendah, terlihat dari pengeluaran konsumsi beras yang sangat sedikit dikarenakan bahwa sebagian besar penduduk yang menjadi responden berprofesi sebagai petani sehingga kebutuhan akan beras terpenuhi oleh hasil sawahnya. Sedangkan untuk pengeluaran konsumsi non pangan lebih diutamakan pada pengeluaran transportasi yang setiap harinya membutuhkan pengeluaran untuk ongkos jalan.

Kata Kunci: Pola Konsumsi, Masyarakat Miskin


References


Ariani, M. (2010). Analisis Konsumsi Pangan Tingkat Masyarakat Mendukung Pencapaian Diversifikasi Pangan. Gizi Indon, 33(1), 20–28.

Ariningsih, E. (2005). Konsumsi dan Kecukupan Energi dan Protein Rumah Tangga Perdesaan Di Indonesia: Analisis Data Susenas 1999, 2002, 2005. Analysis, 233–247. Retrieved from http://pse.litbang.pertanian.go.id

Badan Pusat Statistik Aceh Besar. (2018). Statistik Kesejahteraan Rakyat Aceh Besar 2018. In Badan Pusat Statistik Aceh Besar (Ed.) (p. 302). Jantho: Badan Pusat Statistik Aceh Besar.

Cahyono, B. (2003). Teknik dan strategi budidaya sawi hijau. Yogyakarta. Yogyakarta: Gava Media.

Dumairy. (2004). Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Eugene A, D. (2013). Teori dan Soal-Soal Uang Dan Bank. Jakarta: Erlangga.

Nelawati Tamawiwi, K. (2015). Pola Konsumsi Masyarakat Miskin Desa Tiwoho Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. COCOS, Vol. 6, No.

Rachman, H. P. S. (2008). PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN DI INDONESIA : PERMASALAHAN DAN IMPLIKASI UNTUK KEBIJAKAN DAN PROGRAM aspek kehidupan penduduk , seperti keterjaminan penduduk terhadap pangan yang sosial yang luas ( Menko Perekonomian , 2005 ) undang Pangan nomor 7 tahun, 6(2), 140–154.

Rencana Pembangunan Jangka Menenggah (RPJM) Gampong Lingom. (n.d.). Desa Lingom kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar-Aceh.

Sukirno, S. (2005). Mikro Ekonomi Teori Pengantar (Edisi Keti). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan. (2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: