ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT NIPPON INDOSARI CORPINDO TBK YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012 – 2016

Rahmah Yulianti, Zainudin Zainudin, Darmawan Darmawan

Abstract


Abstrak

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja keuangan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk periode 2012-2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder yaitu data laporan keuangan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk yang telah diaudit dan dipublikasikan pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis analisis yang digunakan adalah analisis horizontal yaitu analisis yang dilakukan dengan membandingkan laporan keuangan untuk beberapa periode. Sedangkan, alat analisis yang digunakan adalah current ratio, quick ratio, cash ratio, debt to assets ratio, debt to equity ratio, net profit margin ratio, dan return on investmen ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis rasio likuditas yang terdiri dari current ratio, quick ratio, cash ratio pada tahun 2012, 2013, dan 2014 menunjukkan tingkat likuiditas yang masih rendah dikarenakan besarnya utang lancar yang dimiliki oleh perusahaan jika dibandingkan dengan rata-rata industri. Sedangkan, pada tahun 2015 dan 2016 menunjukkan kondisi likuiditas yang memuaskan dikarenakan aktiva lancar yang dimiliki lebih besar dari utang lancar. Analisis rasio  solvabilitas yang terdiri dari debt to asset ratio dan debt to equity ratio terjadi peningkatan dari tahun ke tahun, peningkatan rasio ini menunjukkan kinerja keuangan yang belum baik karena semakin tinggi resiko keungan. Analisis rasio profitabilitas yang terdiri dari net profit margin ratio dan return on invesment menunjukkan hasil kurang baik karena dalam perolehan laba atau pengembalian investasi masih dibawah standar rata-rata industri, rendahnya tingkat profitabilitas menunjukkan kinerja keuangan yang kurang baik karena tidak maksimal dalam menghasilkan laba.

 

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas.


Full Text:

PDF

References


Dareho, Herlina Tara, (2016). Analisis Laporan Arus Kas untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk. Jurnal EMBA.Vol.4(2). 2016.

Harmono, (2014). Manajemen Keuangan. Cetakan Ketiga. PT. Bumi Aksara: Jakarta

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Keempat. Rajawali Pers: Jakarta

Murhadi, R.Werner, (2015). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Salemba Empat: Jakarta

Najmudin, (2011). Manajemen Keuangan dan Aktualisasi Syar’iyyah Moderen.

Andi Offset: Yogyakarta

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Cetakan Kesepuluh. Ghalia Indonesia: Bogor

Raharjaputra, Hedra S, (2011). Manajemen Keuangan dan Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta Selatan

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Jakarta

Suryani dan Hendryadi, (2015). Metode Riset Kuantitatif. Prenadamedia Group: Jakarta

Wibowo, Wahyu, (2011). Cerdas Menulis Artikel Ilmiah. Kompas Media Nusantara. Jakarta

www.idx.co.id

www.sariroti.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: