MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Herlina Dewi

Abstract


Abstrak

 

Peningkatan mutu pembelajaran disekolah sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang sangat penting antara lain adalah penerapan budaya sekolah kearah peningkatan mutu. Budaya sekolah merupakan hal yang positif yang harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah tanpa merasa terpaksa.

Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh, Provinsi Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 80%. Pada Siklus I kehadiran guru yang krang dari 10 menit ada 8 orang atau 21, 62%, guru yang hadir 10 sampai 15 menit ada 16 orang atau 35,13%, sedangkan guru yang hadir lebih dari 15 menit ada 16 orang atau 43,24%. Setelah diadakan analisa data dan pembinaan serta panishment and reward dan perbaikan maka dilanjutkan ke siklus II dengan hasil sebagai berikut. Guru yang hadir kurang dari 10 menit ada 32 orang atau 86,48%, guru yang hadir antara 10 sampai 15 menit ada 5 orang atau 13,51%, sedangkan guru yang hadir lebih dari 15 menit ada 2 orang atau 5,40%. Dengan demikian bahwa pada siklus II kehadiran guru sudah melebihi standar kehadiran yaitu 80%.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.

 

Kata Kunci : Disiplin Guru, Reward and Punishment


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.3314/jes.v6i2.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda