PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL

Rita Safrianti, Nelliraharti Nelliraharti

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling (PTK BK). Ada bermacam jenis layanan dalam BK, salah satunya adalah layanan bimbingan belajar. Pada penelitian ini, sumber data diperoleh dari: (1) Data proses diperoleh dari peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dan siswa sewaktu mengikuti layanan dan situasi pada saat layanan. (2) Data hasil diperoleh dari pengamatan terhadap siswa berupa hasil remedial teaching siswa dalam ulangan harian. Pengumpulan data melalui angket terhadap 21 (orang) siswa. Pada siklus I, terdapat 15 siswa tidak sesuai dari aspek yang diterapkan karena masih menggantungkan kepada teman dan kurangnya kemandirian belajar siswa. Setelah dilaksanakan layanan bimbingan klasikal dan siswa mengisi angket kemandirian belajar, pencapaian kemandirian belajar siswa meningkat, dari 21 siswa terdapat 8 siswa yang masih kurang dalam kemandirian belajar. Dengan kata lain terdapat peningkatan dalam hal kemandirian belajar pada siswa setelah dilakukan layanan bimbingan klasikal dari 35 % pada siklus I meningkat menjadi 65 % pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal kepada siswa dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Kata Kunci: Kemandirian, Belajar Siswa, Bimbingan Klaksial


This type of research is action research guidance and counseling class (PTK BK). There are various types of services in BK, one of which is tutoring services. In this study, the data sources were obtained from: (1) Process data were obtained from researchers in providing group and student guidance services while participating in the service and the situation at the time of service. (2) The data obtained from observations of students in the form of remedial teaching results of students in daily tests. Collecting data through a questionnaire to 21 (persons) students. In the first cycle, there were 15 students who did not fit the applied aspect because they still depended on their friends and lacked student learning independence. After implementing classical guidance services and students filling out learning independence questionnaires, the achievement of student learning independence increased, from 21 students there were 8 students who were still lacking in learning independence. In other words, there is an increase in learning independence in students after classical guidance services are carried out from 35% in the first cycle to 65% in the second cycle. So it can be concluded that classical guidance services to students can increase student learning independence.

Keywords: Independence, Student Learning, Classical Guidance



Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2004). Diagnostik kemandirian Belajar, dan Bimbingan, Jakarta, Rineka Cipta.

Ahmad Juntika Nurihsan, dan Mubiar Agustin. (2013). Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan Dan Bimbingan. Bandung: PT Refika Aditama.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. (2008). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Bagiyati. (2012). Tanya jawab Teori dan Praksis dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Brockett. R.G. & Hiemstra, R. (2000). Self Direction in Adult Learning: Perspectives on Theory, Research, and Practice. New York: Routledge.

Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.

Dirjen PMPTK. (2007). Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal, Jakarta, DEPDIKNAS.

Eti Nurhayati. (2011). Bimbingan Konseling & Psikologi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Geltner, J. & Clark, M. (2005). Engaging students in classroom guidance: Management strategies for middle school counselors. 9 (2), hlm. 164-166.

Gie, The Liang. (1982). Cara-cara Belajar Efektif. Yogyakarta: UGM.

Haris Mudjiman. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Hoetomo M.A. (2011). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya, Mitra Pelajar.

Jones, Richard Nelson. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan Konseling. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Mardziah, H.A. (2001). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud, PT. Proyek Pembinaan Pendidikan.

Mujiman, H. (2005). Diagnostik kemandirian Belajar dan Bimbingan Konseling, Tidak diterbitkan.

Prayitno & Atmi, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta, Rineka Cipta.

Morgan, Clifford. T & Richard A King. (1971). Introductiont to Psychology, New York: Grow Hill.

Sukardi dan Kusumawati. (2008). Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukirman. (1997). Inteligensi, Kemandirian, Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa D2 PGSD IKIP Semarang,” Tesis. Jakarta: Pascasarjana Universitas Indonesia.

Thantawi. (2005). Diagnostik kemandirian Belajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Triyono dan Mastur. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta. Paramitra.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Winkel, WS dan MM. Sri Hastuti. (2005). Bimbingan dan Konseling di Instansi Pendidikan, Yogjakarta. Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda