TEORI BELAJAR SIBERNETIK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PELAKSANAAN DIKLAT

Razali Yunus

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh seorang Instruktur atau fasilitator untuk membelajarkan peserta yang belajar. Pembelajaran di lembaga diklat semakin berkembang, dari pengajaran yang bersifat tradisional sampai pembelajaran dengan sistem modern. Sehingga dalam pembelajaran muncullah pengembangan teori pemrosesan informasi yang disebut dengan teori sibernatik yang mana teori ini mempelajari kegiatan belajar dengan menggunakan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan IT diera modern. Dalam hal ini, ditemukannya implikasi dengan adanya penerapan teori sibernetik. Maka dari itu dibuatlah metode pembelajaran dengan menggunakan monitor yang terhubung langsung dengan seorang Instruktur (nara sumber).

Kata Kunci: Teori Sibernatik, IT


Full Text:

PDF

References


Baharuddin (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta, Ar Ruzz Media.

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran .Jakarta : Erlangga.

Hamid, Abdul(2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Unimed Pres.

Khadijah. (2013). Belajar dan Pembelajaran .Medan : Citapustaka Media.

Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran .Jakarta : Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran .Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Schunk, Dale. H. (2012). Learning Theories.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Universitas Pendidikan Indonesia, Team. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran . Depok: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v4i2.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda