ANIMASI PENGENALAN ALAT TRADISONAL PENUMBUK PADI ( TOP JEUNGKI) MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER

Muhammad Muliansyah, Zahrul Maizi

Abstract


Penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan usaha peningkatan produktivitas pendidikan. Perkembangan teknologi komputer berjalan demikian pesatnya, yang pada awalnya sebagai alat bantu dalam menyelesaikan persoalan dan masalah dalam segala bidang, kemudian berperan sebagai hiburan tetapi juga mulai  merambah dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan komputer digunakan sebagai  media pengembangan dan pembelajaran ilmu pengetahuan, seperti ilmu pengetahuan mengenai alat tradisional penumbuk padi (top jeungki). Hal ini membuka peluang bagi software animasi seperti Blender untuk membantu dalam memvisualisasikan materi pembelajaran dan pengetahuan tersebut dalam bentuk animasi. Jengki digunakan untuk menumbuk padi menjadi beras selain itu jeungki juga dapat digunakan untuk menumbuk kopi, sagu, emping beras, tepung, atau menumbuk bumbu masakan dan kelapa dalam proses pengolahan minyak kelapa dengan cara tradisional Aceh. Penilitian ini dilakukan karena kurangnya interaksi atau pengetahuan masyarakat aceh generasi masa kini akat alat penumbuk padi tradisional seperti top jeungki. animasi pengenalan alat tradisional penumbuk padi (Top Jeungki) dibuat dalam bentuk animasi 3D agar menghasilkan tampilan yang menarik. Didalam animasi ini terdapat beberapa objek komponen utama sebuah jeungki seperti: jeungki,alu, lesung dan beberapa objek tambahan untuk memperindah tampilan animasi, dan 2 (dua) character. Animasi dibuat sebagai sebuah ringkasan singkat tentang alat tradisional Aceh jeungki, serta fungsi dan cara kerjanya dan menjadikan animasi pengenalan alat tradisional top jeungki sebagai media yang memberikan atau memperkenalkan alat tersebut lebih maksimal dan interaktif dalam bentuk video animasi.

 

 

Kata Kunci: Teknologi, Video, Animasi 3D,Sejarah, Alat Tradisional Aceh, Penumbuk Padi (Top Jeungki), Blender

 


Full Text:

PDF

References


Adriyanto, Bambang. 2010. Pembuatan Animasi Dengan Macromedia Flash 8. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional

Cot jambo. 2013. Tradisi "ie bu dabedah" dengan Jeungki Menyambut Ramadhan. www.cotjambo.bogspot.com.Tanggal akses 27

Oktober 2015.

Fadli. 2010. Jeungki Bagian Budaya yang Tersingkirkan.www.cutlie.wordpress.com. Tanggal akses 27 Oktober 2015.

Hendi Hendratman. 2015. The Magic Of Blender 3D Modelling. Informatika

Indrya.2011.Artikata"Jeungki/Jingki".www.acehtraffi c.com. Tanggal akses 27 Oktober 2015.

M. S. Gumelar. 2011. 2D Animation. Jakarta Barat: PT Indeks

Muchammad Naseer dan Gade Harsemadi. 2013.

Sistem Multimedia. Yogyakarta: Andi

Munir. 2012. Multimedia (Konsep dan Aplikasi

Dalam Pendidikan). Bandung : Alfabeta.

Pozan.2011.LesungTradisional.www.harianaceh.co

Tanggal akses 27 Oktober 2015.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol5.Iss1.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda