EFEKTIFITAS METODE MOVIE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL PADA ANAK TK MINA ACEH BESAR
Abstract
Perilaku prososial yaitu empati, berbagi, peduli dan kerjasama perlu ditanamkan sejak dini agar anak tumbuh menjadi individu yang cerdas secara sosial. Salah satu upaya dalam meningkatkan perilaku prososial dapat menggunakan Metode Movie Learning yaitu proses menonton film animasi dengan tema prososial dan diakhiri dengan sesi berdiskusi untuk meransang anak melakukan perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik efektivitas metode movie learning untuk meningkatkan perilaku prososial pada anak TK. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan subjek berjumlah 10 orang siswa TK Mina Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi anak dan wawancara guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji non parametrik yaitu uji wilcoxon signed rank test. dengan menggunakan program Statistical Packages For Social Sciene (SPSS) versi 21.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.05 (p<0.05), artinya hipotesis diterima. Meskipun nilai yang didapat berada diambang batas signifikansi namun berdasarkan observasi yang telah dilakukan terdapat peningkatan perilaku prososial anak setelah diberi perlakuan dengan metode movielearning.
Â
Kata Kunci: Perilaku Prososial, Metode Movie Learning, Taman Kanak-Kanak
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v3i2.1435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License