ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSU IMELDA PEKERJA INDONESIA MEDAN

Kiki Mirna Ramadhani, Mangatas Silaen, Arifah Devi Fitriani

Abstract


Salah satu pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah rumah sakit.Berdasarkan hasil wawancara bahwa keluhan yang paling sering mereka terima adalah mengenai sistem perubahan yang ditetapkan oleh program BPJS dan ketetapan waktu pelayanan dokter tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Tujuan peneliian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan.Desain penelitian yang digunakan cross Sectional dengan populasi seluruh pasien BPJS rawat jalan sebanyak 2.056 orang dan sampel diambil dengan accidental sampling sebanyak 98pasien. Metode pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan yaitu analisis multivariat dengan uji regresi binary logistic.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaminanmemiliki nilai sig-p 0,000< 0,05, empati memiliki nilai sig-p 0,009<0,05 dan daya tanggap memiliki nila sig-p 0,001<0,05.Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh jaminan, empati dan daya tanggap terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan, sedangkan kehandalan dan bukti fisik tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan. Diharapkan kepada pihak rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan pasien menjadi lebih baik seperti memberikan rasa peduli kepada pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Kata KunciAnalisis Faktor, Tingkat Kepusan Pasien


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i2.1802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License