Analisis Faktor Kepuasan Pasien BPJS JKRA dengan Kinerja Perawat di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di rawat inap kelas III RSUD Meuraxa sebagai penerima jasa pelayanan kesehatan BPJS JKRA, keluarga peserta mengeluh kurang puas dengan pelayanan kesehatan yang diterimanya. Mereka menganggap bahwa pasien yang menjadi peserta BPJS JKRA mendapat pelayanan dan perlakuan yang berbeda dengan pasien lain.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien BPJS JKRA dengan kinerja perawat di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, dengan total sampel 100 pasien. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 7 Mei sampai dengan 12 Mei 2018. Cara pengumpulan data dengan cara membagikan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien BPJS JKRA menurut aspek Bukti fisik didapatkan p value 0,023, kehandalan p value 0,000, kepedulian p value 0,055, empati p value 0,003, jaminan p value 0,035 dengan kinerja perawat di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien BPJS JKRA menurut aspek bukti fisik, kehandalan, empati, jaminan dengan kinerja perawat di rawat inap RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Dan tidak terdapat hubungan kepuasan pasien BPJS JKRA menurut aspek kepedulian dengan kinerja perawat di rawat inap RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Desmi. (2017). Pengaruh Tangibles, Empaty, Reliability, Responsiveness dan Assurance Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Pada Puskesmas Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Sumatera Barat : Jurnal STKIP PGRI
Dinas Kesehatan Aceh,(2016). Profil Kesehatan Provinsi Aceh Tahun 2015. Banda Aceh: Dinas Kesehatan Aceh
Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.(2017). Profil kesehatan Kota Banda Aceh Tahun 2016. Banda Aceh: Dinas Kesehatan
Firdaus, Fidela. (2015). Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Yogyakarta: TesisUniversitas Muhamadiyah
Kementrian Kesehatan RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Kemenkes RI. (2017) .Situasi Tenega Keperawatan Indonesia. Jakarta Selatan: Pusat danInformasi Kemenkes RI
Muninjaya, Gde AA. (2011). manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC
Notoatmodjo,S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka CiptaPandu, Widyana Adirta,. 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2016. Purwokerto: Skipsi Universitas Muhammadiyah.
Pertiwi, ilahi puji. (2016). Hubungan Kepuasan Pasien Penggunaa BPJS TerhadapKualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Nagrak Sukabumi Tahun 2016. Jakarta: Skripsi Universiatas Isalmi Negeri Syarif Hidayatullah
Profil Rumah sakit Daerah Umum Meuraxa tahun 2017
Siswati, Sri. (2013). Etika dan Hukum Kesehatan dalam Perspektif Undang-Undang Kesehatan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v4i2.210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License