Survei Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala

Rachmah Rachmah, Iflan Naufal, Nurlina Nurlina

Abstract


Kepuasan Pasien merupakan ukuran sejauh mana pasien puas terhadap layanan kesehatan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Kepuasan Pasien merupakan salah satu indikator penting yang menentukan keberhasilan dari Rumah Sakit dalam memberikan layanan. Survei ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien di RS Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan menggunakan teknik sampling purposive dengan sampel sebanyak 94 Pasien yang mendapatkan pelayanan di RS Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Kueisoner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kepuasan masyarakat dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pelayanan publik di RS Pendidikan Universitas Syiah Kuala adalah 3.29 dengan nilai IKM adalah 82.24 dengan kategori kinerja sangat baik (mutu pelayanan A).

Kata Kunci: Kepuasan, Pasien, Rumah Sakit

Patient satisfaction is a measure of the extent to which patients are satisfied with the health services provided by health service providers. Patient satisfaction is an important indicator that determines the success of a hospital in providing services. This survey aims to measure the level of patient satisfaction at the Syiah Kuala University Teaching Hospital. This type of research is simple descriptive using a purposive sampling technique with a sample of 94 patients who received services at the Syiah Kuala University Teaching Hospital. The questionnaire used in this research was a public satisfaction questionnaire from the Regulation of the Minister for Empowerment of State Apparatus and Bureaucratic Reform of the Republic of Indonesia. The research results show that the Community Satisfaction Index (IKM) value for public services at the Syiah Kuala University Teaching Hospital is 3.29 with the IKM value being 82.24 in the very good performance category (service quality A).

Keywords: Satisfaction, Patients, Hospital

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. (2021). Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Universitas Syiah Kuala.

Bolotbek, S., Yoshida, Y., Ernis, B., Yamamoto, E., & A. Reyer, J. (2016). The Study on Patient Dissatisfaction with Medical Services to define an Indicator of the Healthcare Management in the Ton and Issyk-Kul Regional Hospitals of Kyrgyzstan. Health Education and Care, 1(2). https://doi.org/10.15761/HEC.1000109

Damayanti, D., Pristasri, & L, N. T. (2017). Gizi Dalam Daur Keidupan. Kemenkes RI, 7(2).

Hussein, M., Pavlova, M., Ghalwash, M., & Groot, W. (2021). The impact of hospital accreditation on the quality of healthcare: a systematic literature review. BMC Health Services Research, 21(1), 1057. https://doi.org/10.1186/s12913-021-07097-6

Liando, L. E., Amisi, M. D., & Sanggelorang, Y. (2021). Gambaran Aktivitas Fisik Mahasiswa Semester Iv Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat Saat Pembatasan Sosial Masa Pandemi Covid -19. Jurnal KESMAS, 10(1), 118–128.

Permenpan. (2017). PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK.

Raza, A., & Dehury, R. (2021). Dissatisfaction Factors That Influence Customers To Give Low Online Rating To Hospitals. Asia Pacific Journal of Health Management, 16(3), 193–201. https://doi.org/10.24083/apjhm.v16i3.295

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Suryati, Widjanarko, B., & Istiarti, V. T. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang . Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 1102–1112.

Wahdania, Saleh, D., & Fatmawati. (2015). Indeks Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan RUmah Sakit Umum Daerah (Rsud0 kabupaten Polewali Mandar. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 1(1).

Wang, Y., Hunt, K., Nazareth, I., Freemantle, N., & Petersen, I. (2013). Do men consult less than women? An analysis of routinely collected UK general practice data. BMJ Open, 3(8), e003320. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2013-003320

Wulandari, A. R., Widari, D., & Muniroh, L. (2022). Hubungan Asupan Energi, Stres Kerja, Aktifitas Fisik, dan Durasi Waktu Tidur dengan Imt Pada Manajer Madya Dinas Pemerintah Kota Surabaya. NUTRIZIONE (Nutrition Research and Development Journal), 2(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i1.3196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License