Hubungan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Bidan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Kia/Kb Puskesmas Langsa Timur

Sarika Sarika, Aminy Aminy

Abstract


Latar Belakang : Pasien sering kali menuntut pelayanan yang paripurna. Fakta menunjukkan bahwa keterampilan teknik medis semata tidak cukup untuk memberikan pelayanan yang memuaskan pesien. Komunikasi efektif mencakup komunikasi verbal efektif dan non verbal efektif. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi verbal dan non verbal bidan dengan kepuasan pasien di Ruang KIA/KB Puskesmas Langsa Timur tahun 2022. Metode : Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan dari tanggal tanggal 02 Juni s/d 12 Juli 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung ke Ruang KIA/KB Puskesmas Langsa Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil : Hasil penelitian terhadap 43 responden mayoritas tidak puas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Langsa Timur sebanyak 27 responden (62,8%). Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa ada hubungan antara komunikasi verbal dan non verbal bidan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Langsa Timur tahun 2022 yang menghasilkan p-value (Continuity Correction) = 0,000 (p<0,05). Kesimpulan : Peneliti menyarankan kepada bidan agar meningkatkan kesadaran dalam melakukan komunikasi verbal dan non verbal kepada pasien dalam upaya memenuhi kebutuhan pasien untuk meningkatkan dan menciptakan kepuasan pasien terhadap pelayanan kebidanan yang diberikan.

Kata kunci : Kepuasan Pasien, Komunikasi Verbal, Non Verbal, Bidan

Background: Patients often demand complete service. The fact shows that medical engineering skills alone are not enough to provide satisfying services. Effective communication includes effective verbal and non-verbal communication effectively. Purpose: This study aims to determine the relationship between verbal and non-verbal midwife communication and the satisfaction of patients in the KIA / KB Room of Langsa Timur Health Center in 2022. Method: This study is analytical with a cross sectional approach carried out from June 2 to July 12, 2022. The population of this study were all patients who visited the KIA / KB Puskesmas Langsa Timur Room. The sample in this study amounted to 43 respondents. The sampling technique uses Accidental Sampling technique. Results: The results of the study on 43 majority respondents were dissatisfied with health services at the Langsa Timur Health Center as many as 27 respondents (62.8%). The results of this study also concluded that there was a relationship between verbal and non-verbal midwife communication and patient satisfaction at the Langsa Timur Health Center in 2022 which resulted in a p-value (Continuity Correction) = 0,000 (p <0.05). Conclusion: Researchers suggest that midwives increase awareness in verbal and non-verbal communication to patients in an effort to meet the needs of patients to improve and create patient satisfaction with the midwifery services provided.

Keywords: Patient Satisfaction, Verbal Communication, Non Verbal, Midwife


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i2.3402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License