Faktor yang Memengaruhi Peran Orang Tua Terhadap Personal Hygiene Pada Balita di Kelurahan Pulau Simardan Kota Tanjung Balai
Abstract
Personal hygiene yang baik harus mulai diterapkan sejak dini pada anak, karena apabila sejak dini diberikan pengetahuan tentang personal hygiene maka pengetahuan anak akan lebih matang. Berdasarkan survei awal yang dilakukan kepada 10 orang tua balita menunjukkan bahwa 6 balita (60%) memiliki personal hygiene tidak baik sedangkan 4 balita (40%) lainnya memiliki personal hygiene baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang memengaruhi peran orang tua terhadap personal hygiene pada balita. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 716 orang dan sampel yang diambil dengan cara stratified sampling yaitu sebanyak 88 orang. Metode pengumpulan data yaitu data primer, data sekunder dan tersier. Analisa data yang digunakan yaitu uji regresi binary logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religius memiliki nilai sig-p 0,033 < 0,05, pembimbing sig-p 0,008 < 0,05, motivasi sig-p 0,036 < 0,05 dan fasilitator sig-p 0,025 < 0,05, yang artinya memiliki pengaruh terhadap personal hygiene pada balita, sedangkan protektif sig-p 0,697 > 0,05 yang artinya tidak memiliki pengaruh terhadap personal hygiene pada balita. Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh religius, pembimbing, motivasi dan fasilitator memiliki pengaruh terhadap personal hygiene pada balita, sedangkan protektif tidak memiliki pengaruh terhadap personal hygiene pada balita. Saran bagi tempat penelitian diharapkan sebagai masukan dalam meningkatkan kesehatan balita khususnya untuk memberikan informasi pada orang tua tentang pentingnya menjaga kebersihan diri (personal hygiene) balita berupa dukungan informasi berupa penyuluhan, sehingga dengan kebersihan diri yang baik maka balita akan terhindar dari berbagai penyakit.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Personal Hygiene dan Balita
Good personal hygiene must be applied from an early age in children, because if early knowledge of personal hygiene is given, the child's knowledge will be more mature. Based on a preliminary survey conducted on 10 parents of toddlers, it was shown that 6 toddlers (60%) had poor personal hygiene, while the other 4 toddlers (40%) had good personal hygiene. The purpose of this study was to determine the factors that influence the role of parents on personal hygiene in toddlers. The research design used in this study was an analytic survey with a cross sectional approach. The population of this study was 716 people and the sample was taken by stratified sampling as many as 88 people. Data collection methods are primary data, secondary data and tertiary data. The data analysis used was the binary logistic regression test. The results showed that religious has a sig-p value of .033 < .05, supervisor sig-p .008 < .05, motivation sig-p .036 < .05 and facilitator sig-p .025 < .05, which means that it has significant influence. on personal hygiene in toddlers, while protective sig-p .697 > .05, which means it has no effect on personal hygiene in toddlers. The conclusion in this study is that religious, mentor, motivation and facilitator have an influence on personal hygiene in toddlers, while protective has no influence on personal hygiene in toddlers. Suggestions for research sites are expected as input in improving the health of toddlers, especially to provide information to parents about the importance of maintaining personal hygiene for toddlers in the form of information support in the form of counseling, so that with good personal hygiene, toddlers will avoid various diseases.
Keywords : The Role of Parents, Personal Hygiene and Toddlers
Full Text:
PDFReferences
Arianto. (2012). Sahabat Bersama. Rajawali Press.
Asthiningsih, N. W. W., & Wijayanti, T. (2019). Edukasi Personal Hygiene pada Anak Usia Dini dengan G3CTPS. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 84–92.
Chasanatin, H. (2010). Bimbingan dan Konseling. Sekolah Tinggi Agama Islam.
Damanik, R. K. (2018). Pengaruh Storytelling terhadap Personal Hygiene pada Anak Usia Pra Sekolah di TK. Baburrahman Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup, 59–66.
Depkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Graha, C. (2008). Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua : Panduan bagi Orang Tua untuk Memahami Perannya dalam Membantu Keberhasilan Pendidikan Anak. Elex Media Komputindo.
Hadi, A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. 9(2), 101–121.
Hunter et.al. (2015). Pengertian Fasilitasi. Rineka Cipta.
Jasaputra, D. K., & Santosa, S. (2018). Metodologi Penelitian Biomedis.
Listuayu. (2018). Pengaruh Storytelling terhadap Motivasi untuk Melakukan Personal Hygiene pada Anak Usia Prasekolah di TK. Mandala Kumara Denpasar. 2(75), 31–47.
Muhammad, I. (2015). Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Citapustaka Media Perintis.
Nur Wahyuni, E. (2015). Motivasi dalam Pembelajaran. UIN-Malang Press.
Pujiana, D., & Anggraini, S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Personal Hygiene Anak Usia 6-7 Tahun. 3, 138–149.
Rianti, E. (2017). Personal Hygiene dalam Perspektif Islam. Cinta Buku Media.
Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.
Sari, D. N. A., Safitri, N., Susilawati, & Nasrullah. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua dalam Kemandirian Personal Hygiene Pada Anak Pra Sekolah di TK Islam Pelangi Anak Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta. Riset Informasi Kesehatan, 7(1), 24. https://doi.org/10.30644/rik.v7i1.121
Stansbury, K., Haley, D., Lee, J., & Brophy-Herb, H. E. (2012). Adult Caregivers’ Behavioral Responses to Child Noncompliance in Public Settings: Gender Differences and the Role of Positive and Negative Touch. Behavior and Social Issues, 21(1), 80–114. https://doi.org/10.5210/bsi.v21i0.2979
Vidya, H., & Mustikasari, S. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua dalam Membimbing dengan Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia Prasekolah di TKIT Permata Mulia Desa Banjaragung Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto. Jurnal Keperawatan, 7(1), 51–60.
Whiterington. (1984). Psikologi Pendidikan. Aksara Baru.
Yanuarti, E. (2018). Pengaruh Sikap Religiusitas terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Masyarakat Kelurahan Dusun Curup Kabupaten Rejang Lebong. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(1), 21. https://doi.org/10.29240/jf.v3i1.387
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i2.3551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License