IDENTIFIKASI KEPUASAN LAYANAN ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU POST PARTUM DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS ANJIR SERAPAT
Abstract
Latar Belakang:Puskesmas Anjir Serapat merupakan salah satu instansi kesehatan yang memliki tugas untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Asuhan kebidanan pada ibu post partum salah satunya pelayanan yang diberikan. Cakupan pelayanan pada ibu nifas menurut Dinas Kesehatan pada tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Tengah yaitu KF1 sebesar 85.7%, KF2 sebesar 2,5% dan KF3 sebesar 80,6%, namun di wilayah Kerja UPT Puskesmas Anjir Serapat pada bulan agustus 2023 terdapat 66 jumlah ibu nifas, pada bulan September menurun menjadi 53 ibu nifas dan bulan Oktober 2023 terdapat 41 ibu nifas. Berdasarkan hasil dari tanya jawab yang dilakukan kepada 15 ibu nifas, 9 ibu nifas mengenai pelayanan petugas kesehatan pada saat asuhan masa nifas menyatakan kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan, 6 orang cukup puas, karena bidan jarang untuk datang melakukan kunjungan masa nifas
Tujuan:Mengetahui kepuasan asuhan kebidanan pada ibu post partum di wilayah kerja UPT Puskesmas Anjir Serapat
Metode:Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitif. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu post partum hari ke 14 sampai hari ke 42 dengan jumlah 30 orang
Hasil:responden yang puas terhadap layanan asuhan kebidanan sebanyak 19 orang (63,3%) dan yang tidak puas sebanyak 11 orang (36,7%) dan petugas kesehatan yang melakukan kunjungan nifas sebanyak sebanyak 17 orang (56,6%) sedangkan tidak melakukan sebanyak 13 orang (43,3%)
Simpulan:masih terdapat ibu yang tidak puas terhadap layanan asuhan kebidanan di UPT Puskesmas Anjir Serapat
Kata kunci: ibu nifas, kepuasan, layanan asuhan
Full Text:
PDFReferences
Bayuana, A., Anjani, A. D., Nurul, D. L., Sai, N., Susianti, R., & Anggraini, R. (2023). Komplikasi Pada Kehamilan , Persalinan , Nifas dan Bayi Baru Lahir : Literature Review. 8(1), 27–37. https://doi.org/10.52822/jwk.v8i1.517
lestariKartikawati, S., & Dona, S. (2020). Midwife Accountability In Managing Midwifery Care At Bidan Praktek Mandiri Of Bandung Regency. https://doi.org/10.4108/eai.23-11-2019.2298358
Mutu, A., Terhadap, P., & Kepuasan, T. (2022). Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat Jurusan Kesehatan Masyarakat Pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Fauziah Nuraini, D. M. B. N. (2018). Pencapaian Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kebidanan Ibu Nifas di RSUD Surakarta. Jurnal Menara Medika, 1, 41–48.
Fitriyani, I. (2019). Gambaran Kepuasan Ibu Hamil Pada Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Somba Opu.
Makassar Oleh : Yusi Safitri Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Neg.
Nuraini. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Gondang Sragen. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 1–9.
Puji, Y. (2020). Kelancaran Produksi Asi Pada Ibu Post Partum Dengan Operasi Sesar.
Safitri Yusi. (2021). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Puskesmas Manuju.
Suryani Irma. (2021). Gambaran Kepuasan Ibu Hamil pada Pelayanan Antenatal care di Puskesmas Leyangan.
Yati, W. (2021). Gambaran Kepuasan Ibu Hamil Tentang Pelayanan Antenatal Care Pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Aek Godang Kabupaten Padang Lawas Utara.
Raising, R. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Dan Apotek. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, 5(01), 31–37. https://doi.org/10.35311/jmpi.v5i01.44
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v11i1.4504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License