DINAMIKA ORIENTASI MASA DEPAN PADA PESERTA DIDIK

Melda Sofia, Widya Arfani Purba

Abstract


Orientasi masa depan merupakan landasan individu dalam menentukan masa depan mereka dengan menetapkan tujuan dan membuat suatu perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dinamika orientasi masa depan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran orientasi masa depan siswa sangat beragam berdasarkan aspek motivasi, kognitif, dan perilaku.


Kata Kunci: Siswa, Orientasi Masa Depan


Full Text:

PDF

References


Conger, J. J. (1991). Adolescence and youth: Psychological Development in a Changing World. 4th Edition. NewYork : Harper Collin publishers.

Dembo, M. H. (2004). Motivation and Learning Strategies for College Succes: A Self Management Approach. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Marliyah, L. (2004). Persepsi terhadap Dukungan Orang Tua dan Pembuatan Keputusan Karir Remaja. Jurnal Provitae, 1 (1) Januari.

Maslihah, Erlina, & Handoko. (2009). Pelatihan orientasi masa depan untuk meningkatkan kemampuan remaja dalam menyusun orientasi masa depan bidang pekerjaan. Universitas Pendidikan Indonesia.(Jurnal)

Nurmi, J.E. (1989). Adolescents orientation to the future. Haelsinski: Finnish society of science.

Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika

Seginer, R. (2008). Future Orientation. New York: Springer.

Seginer, R. (2008). Future Orientation in Time of Threat and Challenge: How Resilient Adolescents Construct Their Future. International Journal of Behavioral Development, 32 (4), 727-282.doi: 10.1177/016502508090970




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v10i2.4643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License