Pengaruh Terapi Bermain terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial dan Emosional pada Anak SDLB dengan Autisme

Derita Perhatian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh terapi bermain terhadap peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak autis di Sekolah Dasar Luar Biasa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental pretest-posttest control group . Tiga puluh anak autis di SDLB Negeri Simpang Empat, Aceh Tenggara, dibagi menjadi kelompok eksperimen (menerima terapi bermain) dan kelompok kontrol (intervensi standar sekolah). Kemampuan sosial dan emosional diukur menggunakan skala penilaian standar, lembar observasi, dan wawancara semi-terstruktur sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan sosial (p < 0,001) dan emosional (p < 0,001) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Data kualitatif dari observasi dan wawancara mendukung temuan kuantitatif, menunjukkan peningkatan interaksi sosial, ekspresi emosi, dan keterampilan komunikasi pada kelompok terapi bermain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terapi bermain efektif dalam meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak autis.

 


Keywords


Terapi Bermain, Autisme, Kemampuan Sosial, Kemampuan Emosional

Full Text:

PDF

References


Chasanah, A., & Sriyanto, A. (2023). Representasi Autism Spectrum Disorder Dalam Serial Drama Extraordinary Attorney Woo (Analisis Semiotika John Fiske) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Mas Said).

Daulay, N. (2016). Gambaran Ketangguhan Ibu Dalam Mengasuh Anak Autis. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 49-74.

Rahayu, S. M. (2014). Deteksi Dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1)..

Josephine, F. R., Orenda, C., & Silalahi, L. R. (2023). Terapi Musik Dan Anak Autisme: Sebuah Tinjauan Literatur. Ekspresi: Indonesian Art Journal, 12(1).

Sihombing, H. P., & Cutmetia, C. (2024). Analisis Subjective Well-Being Pada Pasangan Yang Menikah Pada Usia Dini. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 670-680.

Yulianti, M. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Menggunakan Metode Mewarnai Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Anak Di Ruang Thalasemia Rsud Kab. Sumedang Tahun 2023. Jiksa-Jurnal Ilmu Keperawatan Sebelas April, 5(2), 92- 100..

Yuliantini, S. (2019). Permainan Dan Bermain Di Paud. Primearly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 2(2), 200-212..

Maulidia, C. A. H., Rohmatun, I. A., Shofiyatun, D. R., & Munawaroh, H. (2025). Startegi Efektif Dalam Mendukung Psikologis Anak Berkebutuhan Khusus Di Tk Slb Banjarnegara Jawatengah. Jurnal Ilmu Pengetahuan Naratif, 6(1).

Nisma, N., & Ramly, R. (2024). Inovasi Terapeutik Metode Dir Dalam Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Anak Penyandang Speech Delay. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 20(2), 454-466..

Setiyanto, W. (2019). Inovasi Terapi Bermain Mewarnai Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Akibat Efek Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah (Doctoral Dissertation, Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Magelang)..

Suryati, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Interaksi Sosial Anak Autis Di Sdlb Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, Sh Jambi Tahun 2014. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 142-147.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v10i2.4716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License