HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DENGAN TINGKAT ANSIETAS, STRES AKADEMIK, DEPRESI REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BANDA ACEH
Abstract
Latar Belakang Masalah: remaja merupakan periode penuh tantangan, terutama dalam bidang akademik. Tekanan untuk berprestasi sering menyebabkan ansietas, stres, dan depresi pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan resiliensi akademik dengan tingkat ansietas, stres akademik, dan depresi remaja di Sekolah Menengah Atas (SMA). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII di SMA 5 Banda Aceh dan sampel penelitian berjumlah 80 orang dipilih secara randomized sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner ARS-30 dan DASS-21. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara resiliensi akademik dengan tingkat ansietas, stress, dan depresi (p-value 0,021), (p-value 0,000), dan (p-value 0,000) pada remaja di SMA 5 Banda Aceh. Resiliensi akademik yang baik memungkinkan remaja mengatasi tekanan akademik dengan lebih baik dan mengurangi risiko gangguan psikologis. Oleh karena itu, dukungan dari guru, orang tua, serta program sekolah sangat penting dalam memperkuat ketahanan mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi tenaga pendidik, orang tua, dan profesional kesehatan mental dalam mendukung kesejahteraan psikologis remaja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N. P. & Wardani, I. Y. (2023). Hubungan Resiliensi Akademik Dengan Stres, Kecemasan Dan Depresi Remaja SMA Di Masa Pandemi COVID-19. JPPNI, 1, 41-50.
Ahyani, L. N. (2020). Resiliensi Pada Siswa Kelas Unggulan Ditinjau Dari Intelegensi Dan Kemandirian. Seminar Nasional Educational Wellbeing, 240-252.
Al Aziz, A. A. (2020). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dan Tingkat Depresi Pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 92–107.
Budiyati, G. A., & Oktavianto, E. (2020). Stres dan Resiliensi Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 10(2), 11–18.
Dafiq, N., Janggu, J. P., Halu, S. A. N., Jakri, Y. (2023). Perbedaan Kecerdasan Emosi Remaja Yang Mengonsumsi Alkohol Dan Tidak Mengonsumsi Alkohol Di Kabupaten Manggaran NTT. Malahayati Nursing Journal. 5(4), 1188-1197.
Demma’musu, D. M. & Alwi, M. A. (2023). Hubungan Kelekatan Teman Sebaya Dengan Stres Akademik Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(3), 58-71.
Fadli, O. M. (2023). Pengaruh Tingkat Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Wiwwa Kelas X Pada Pelajaran Fisika Di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi.
Farrasia, F., Safira, D., Hairul, S., Ramadhan, S. P., Yulandari, Z. A. (2023). Tingkat Kecemasan Akademik Pada Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Educate: Journal of Education and Learning, 1(2), 49-57.
Hawes, M. T., Szenczy, A. K., Klein, D. N., Hajcak, G., & Nelson, B. D. (2022). Increases in Depression and Anxiety Symptoms in Adolescents and Young Adults During the COVID-19 Pandemic. Psychological Medicine, 52(14), 3222-3230.
Mahbengi, P. A., Nurhasanah., Nurbaity. (2023). Tingkat Stres Akademik Pada Siswa SMKN di Banda Aceh. Jurnal Al-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islami. 9(2): 1-9.
Mandasari, L. & Tobing, D. L. (2020). Tingkat Depresi Dengan Bunuh Diri Pada Remaja. Indonesia Jurnal of Health Develpment, 2(1).
Maulina, R. (2022). Resiliensi akademik: Peran Dan Pengaruhnya Terhadap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 45-54.
Nursalam & Pariani, S. (2014). Pendekatan Praktis Metodologi Keperawatan. Jakarta: CV. Infomedika.
Pertiwi, A., Afriyanti, F. N., Mardiyanti. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ansietas Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi Covid-19. NURSE: Journal of Nursing and Health Sciences, 2(1), 45-62.
Putri, D. Y., Chaizuran, M., Mouliansyah. (2023). Pengaruh Fatherless Terhadap Kejadian Depresi Pada Remaja. Darussalam Indonesia Journal of Nursing and Midwifery, 5(2), 11-17.
Rahayu, E. W. & Djabbar, M. E. A. (2019). Peran Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, 216-224.
Ramadani, I., & Sofah, S. (2020). Mekanisme Resiliensi Dalam Menghadapi Stres Akademik Pada Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(2), 123-135.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018). Permasalahan jiwa di Indonesia.
Saputri, H., Fitriani, D. R., Damaiyanti, M. (2024). Efikasi Diri Dampak Pafda Ansietas Mahasiswa Aceh. Jurnal Keperawatan Cikini, 5(2), 283-291.
Sembiring, M. & Taringan, T. (2022). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Resiliensi Akademik Siswa SMA Seminari Menengah Pematangsiantar. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 2(2), 131-147.
Sudarsani, L., Devi, N., & Juniartha, I. (2021). Hubungan Stres Akademik Dengan Depresi Pada Siswa MIPA di SMAN 4 Denpasar. Coping: Community Of Publishing Nursing, 9(2), 151-156.
Thalib, T., Purwasetiawatik, T. F., Hayati, S., Kristyana, M. D., Ulya, S. N. H., Masam, N. T. I., Salsabila, K. Y. (2023). Psiokoedukasi Regulasi Emosi Remaja Pada Siswa SMP Negeri di Makassar. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovas IPTEKS, 1(5), 454-460.
WHO. (2021). Mental Disorder.
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v11i1.4749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License