EFEK KEPERCAYAAN DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI

Lisnawati Lisnawati, Zuraidah Zuraidah

Abstract


Kepercayaan dan Label Halal memiliki peran penting dalam meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk makanan seperti dendeng Aceh, khususnya di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepercayaan kepada produsen dan label halal berpengaruh terhadap minat beli dendeng Aceh Gunung Seulawah di Kota Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 95 responden dan data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data ini merupakan analisis kuantitatif, yaitu analisis data yang dinyatakan dalam bentuk angka atau data kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, pengujian uji F dan uji t dilakukan untuk mengetahui secara simultan dan secara parsial pengaruh variabel independen (bebas) terhadap variabel dependen (terikat) pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel Kepercayaan Kepada Produsen dan Label Halal berpengaruh terhadap Minat Beli Dendeng Aceh Gunung Seulawah di Kota Banda Aceh. Sedangkan secara parsial variabel Kepercayaan Kepada Produsen berpengaruh terhadap Minat Beli Dendeng Aceh Gunung Seulawah di Kota Banda Aceh. Label Halal berpengaruh terhadap Minat Beli Dendeng Aceh Gunung Seulawah di Kota Banda Aceh.

Kata Kunci: Kepercayaan, Label Halal, Minat Beli


Keywords


Kepercayaan, Label Halal, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Apriyantono, A. (2015), Prinsip-prinsip haram dan halal, diunduh dari www. Pusat halal.com.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. (2023). Tentang BPJPH. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. https://bpjph.halal.go.id/detail/tentang-bpjph. Jakarta.

C. Mowen, John. Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga

Durianto, D. (2013). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Firdayanti, R. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-commerce dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology. Vol. 1. No. 1 (1 – 7)

Haris, Iyush Akhmad. (2016). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Journal of Social Science and Business. Volume 2, Number 3.

Indika, D., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan.

Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Lisnawati, L., Fitriliana, F., Suri, M. and Rosdiana, E., (2024). Pengaruh Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online di Marketplace. Journal of Economic Science (JECS), 10(1), pp.1-12.

Lubis, R., & Yafiz, M. (2023). Analisis Penggunaan Labelisasi Halal pada Produk Minuman Mixue dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Muslim di Kota Medan. Jurnal Al-Buhuts, Volume 19(1), 547–565.

Lusiah. (2018). Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Hasil Penelitian Pada Mahasiswa Universitas Swasta di Kota Medan. Yogyakarta: Deepublish.

Rahima, P. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser di Media Sosial Instagram dalam Promosi Produk Hijab terhadap Minat Beli Konsumen, uin-malanh.ac.id.

Sahnan, M., Ismail, N., & Al-Ayyubi, S. (2023). Analisis Prinsip Konsumsi Islam Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Online Shop. Jurnal Syarikah 9 (2): 278 – 288.

Sanusi, A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta:Salemba empat.

Spears, N. and Singh, S.N. (2004). Measuring attitude toward the brand and purchase intentions. Journal of Current Issues & Research in Advertising, Vol. 26 No. 2, pp. 53-66.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research dan Development. Bandung: Alfabeta

Sumadi. (2016). Kepercayaan Kepada Penjual Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Daging Halal. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Vol. 1, No. 2




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v11i1.4788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License