PENGARUH KUALITAS JASA LAYANAN DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI TASPEN OTENTIKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH
Abstract
Abstrak
Â
           Kepuasan nasabah merupakan output utama dari aktivitas operasional perusahaan. Perusahaan bekerja dengan keras mengupgrade kualitas layanan dan inovasi dalam pelayanannya untuk meningkatkan mutu serta kualitas yang pada akhirnya berdampak positif terhadap nasabah. Sehingga, bisa dikatakan nasabah merupakan target utama sebuah perusahaan. Dalam upaya meningkatkan mutu kualitas jasa layanan, Taspen berinovasi dengan memasukkan unsur teknologi dalam pelayanannya, hal ini dapat dilihat dengan adanya aplikasi Taspen Otentikasi yang baru-baru ini diterapkan penggunaannya. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang terkendala menggunakan teknologi, sehingga nasabah Taspen masih banyak yang kesulitan dan tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut, sehingga perlu dilihat kembali apakah aplikasi ini efektiv atau tidak digunakan. Serta apakah ketidak mampuan penggunaan tersebut berpengaruh terhadap kualitas jasa layanan serta kepuasan nasabah. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah Kualitas jasa layanan dan efektivitas aplikasi taspen berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PT. Taspen Persero Cabang Banda Aceh. Karena keterbatasan Pandemi Covid 19, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan sampel 35 nasabah. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik. Pengolahan data secara statistik menggunakan SPSS Versi 22.0, dengan hasil kualitas jasa layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, efektivitas penggunaan Aplikasi Otentikasi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah serta secara simultan kualitas jasa layanan dan efektifitas penggunaan aplikasi Taspen Otentikasi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Kata Kunci : Kualitas Jasa Layanan, Efektivitas penggunaan Aplikasi Taspen Otentikasi, Kepuasan Nasabah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v6i2.1133
Refbacks
- There are currently no refbacks.

