PENGARUH PERAN DAN KUALITAS PELAYANAN ACCOUNTING OFFICER (AO) TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUSYARAKAH PADA PERBANKAN SYARIAH KOTA BANDA ACEH

Rahmah Yulianti, Khairuna .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh peran dan kualitas pelayanan Account Officer (AO) terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah dan musyarakah pada Perbankan Syariah Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan responden yaitu semua nasabah pembiayaan murabahah dan musyarakah pada Perbankan Syariah Kota Banda Aceh yang dijadikan populasi. Jumlah nasabah Perbankan Syariah Kota Banda Aceh periode Jan-September 2020 adalah sebanyak ± 5,197,111 (juta) nasabah. Untuk menentukan ukuran sampel, penulis menggunakan rumus Slovin, sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang nasabah.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, yakni pengambilan sampel terbatas pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang diinginkan, karena mereka adalah satu-satunya yang memilikinya, atau memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan peneliti.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,446 yang menjelaskan bahwa dalam model regresi ini variabel peran Accounting officer dan kualitas pelayanan dalam menjelaskan minat nasabah sebesar 44,6% dan sisanya sebesar 55,4% dijelaskan oleh variabel lain. Hasil persamaan regresi dalam penelitian ini sebesar 0,418 untuk variabel peran Accounting officer, dan sebesar 0,233 untuk variabel kualitas pelayanan. Hasil koefisien regresi sebesar 41,8% dan 23,3%. Dan untuk pengujian hipotesis (t hitung > t tabel) maka hasil uji t pada penelitian ini sebesar ( 5,529 > 1,66071) untuk variabel peran Accounting officer dan ( 2,449 > 1,66071) untuk variabel kualitas pelayanan dengan signifikan 0,00, nilai (F hitung > F tabel) (3,356 > 3,09) untuk variabel peran Accounting officer (X1) dan variabel kualitas pelayanan (X2), hasil ini menyatakan bahwa peran Accounting officer dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi manajemen yang ingin meningkatkan minat nasabah.

Kata kunci            : Minat nasabah, Peran Accounting officer, Kualitas pelayanan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v6i2.1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: