PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI MARKETPLACE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online di marketplace pada masyarakat kota Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 96 responden. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner, dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Objek penelitian adalah kualitas informasi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online di marketplace pada masyarakat kota Banda Aceh. Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukkan bahwa variabel kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online di marketplace pada masyarakat kota Banda Aceh dan variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online di marketplace pada masyarakat kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Kualitas informasi, kepercayaan, keputusan pembelian
This research aims to determine the influence of information quality and trust on online purchasing decisions in the marketplace among the people of Banda Aceh. The total sample for this research was 96 respondents. The research method in this research is a quantitative method. Research data was collected through questionnaires and documentation studies. Hypothesis testing uses multiple linear regression analysis, F test and t test to determine simultaneously and partially the influence of the independent variable on the dependent variable at a confidence level of 95% (α = 0.05). The object of the research is the quality of information and trust in online purchasing decisions in the marketplace among the people of Banda Aceh. The results of research based on simultaneous tests show that the information quality variable has a significant influence on online purchasing decisions in the marketplace in the people of Banda Aceh city and the trust variable has a significant influence on online purchasing decisions in the marketplace in the people of the city of Banda Aceh.
Keywords: Information Quality, Trust, Purchase Decision
Full Text:
PDFReferences
Adityo, B. dan Khasanah, I. (2011). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian online Disitus Kaskus. Repository Jurnal Universitas Diponegoro.
Anggraeni, P. Dan Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs Traveloka.com. E- Proceeding of Management : Vol. 3 (2) : 1880.
Angraini, A. N. P. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vo. 1, No. 1.
Assauri, S., (2015). Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Ayuningtiyas, K. dan Hendra G, S.E., M.Sc. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Padmahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration Vol 2, No 1,Maret 2018, hlm. 152-165.
Azhar, Ahmad. (2016) Analisis Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Menabung Nasabah Bank BRI Di Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560
Hutagaol, C. D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vo. 1, No. 1.
Istiqomah, I., Hidayat, Z., & Jariah, A. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di situs Shopee di Kota Lumajang. Progress Conference. 2, pp. 557-563. Lumajang: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang.
Kotler dan Armstrong. (2018). Marketing Management. Edisi Keempat belas. Global Edition : Pearson Edition.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Linda. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sumber Artha Nusantara. Jurnal Jurusan Akuntansi STIE Multi Data Palembang.
Mantauv, C. S. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 3(1), 15-22.
Mulyadi, A., Eka, D., Nailis, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Lazada, JEMBATAN, (2), pp. 87–94.
Priansa, D. J. (2017a). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rahmawati, L. dan Farika N. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis Volume:5 Nomor:1.
Riyan, S. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Islami Dan Kepemimpinan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri (Doctoral dissertation). Jurnal Ekonomi Manajemen, Vo. 1, No. 1.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vo. 1, No. 1.
Romney B. Marshall, Paul John Steinbart. (2018). Accounting Informasion System. Jakarta : Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v10i1.3989
Refbacks
- There are currently no refbacks.