ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN PALA PADA USAHA DAGANG (UD) MESTIKA PALA TAPAKTUAN

Marlizar Marlizar, Lisnawati Lisnawati, Santi Opi Muliahati

Abstract


Kabupaten Aceh Selatan dikenal sebagai salah satu sentral penghasil pala utama di Indonesia. Meskipun memiliki potensi yang besar, industri pengolahan pala di Aceh Selatan masih menghadapi berbagai tantangan tantangan utama yaiutu strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk olahan pala di UD. Mestika Pala, Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan dengan fenomena dan peristiwa yang terjadi saat ini.  Pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi oleh UD. Mestika Pala dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha Pala pada UD. Mestika Pala adalah mempertahankan dan memperluas strategi pemasaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital, melakukan kerjasama/kemitraan usaha, meningkatkan kualitas produk sesuai selera konsumen serta membuat kemasan produk yang lebih menarik.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Agroindustri, Produk Olahan Pala dan Analisis SWOT

South Aceh district is known as one of the major Pala producer centers in Indonesia. Despite having huge potential, the Pala processing industry in South Aceh is still facing a variety of major marketing strategy challenges. This research aims to analyze the marketing strategy of processed Pala products in UD Mestika Pala, Tapaktuan, South Aceh district. his research is descriptive research that is used to describe, explain and answer questions with current phenomena and events.. The data collection of this research uses several techniques namely: interviews, observations and documentation. Data analysis techniques use descriptive analysis and SWOT analysis to identify internal strengths and weaknesses as well as external opportunities and threats faced by UD Mestika Pala to determine the right marketing strategy. The results of the research showed that the strategy of development of the Pala business at UD Mestika Pala is to maintain and expand the marketing strategy by taking advantage of the development of digital technology, conducting cooperation/partnership of the enterprise, improve the quality of the product according to the taste of the consumer as well as making the product packaging more attractive.

Keywords: Marketing strategic, Agroindustry, Pala processed products; SWOT Analysis


Full Text:

PDF

References


Arunda. R,. Hermadi. I & Monita. D,. RO. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pengembangan Agroindustri Pala di Talaud. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis. 14 (1). 65-77.

Dinas Perkebunan Provinsi Aceh. (2021). Laporan Tahunan Produksi Perkebunan. Banda Aceh: Dinas Perkebunan Provinsi Aceh.

Endico. S,. G. (2017). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung dan Digital Terhadap Minat Beli. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Harahap. I., F. (2017). Strategi Pemasaran Sirup Buah Pala Di Kabupaten Aceh Selatan (Studi Kasus : Kecamatan Tapak Tuan ). Sktripsi. Universitas Sumatera Utara.

Hasnibar. S. (2014). Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Patin

(Pangasius Sutchi) Di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto

Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Universitas Riau.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2020). Produksi dan Potensi Pala di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pertanian RI.

Kotler dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, Phillip. Armstrong, Gary. (2016). Principles of Marketing 16th Edition.

England. Pearson.

Marlius. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang. Junal Pundi. 1 (1). 57-66.

Moleong dan J, L. (2018). Metode Penelitian Kualitatif; Cetakan ketiga puluh delapan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor. S. (2014). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran

Daihatsu Luxio Di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga,. 14 (2) 102-209

Nurngaeni. A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada Home Industry Subama Batik Kroya-Cilacap). Jurnal Manajemen dan Ekonomi. 4 (2) 193

Rahman, R., & Ramadhana, A. (2024). Budidaya Tanaman Pala (Myristic Argantea Wrab) Sebagai Upaya Sustainability Tanaman Pala Di Kabupaten Fakfak. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 470–475

Sari, Y. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Kopi Aceh (Studi Kasus Merek Dhapu Kupi). Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Setiyorini. E,. S. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan Pada UMKM Cindy Group. Manajemen IKM. 13(1), 19-28.

Soekartawi. (2000). Prinsip Dasar Agribisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, F (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Andi Ofsett.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Utami. H,. N. (2018). Pengaruh Baruran Pemaaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica. 2 (1) 138




DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v10i1.4032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: