PENERAPAN PSIKOLOGI POSITIF SEBAGAI STRATEGI MENGATASI STRES KERJA BAGI KARYAWAN
Abstract
Saat ini masih banyak industri yang baru mulai beradaptasi dengan industri 4.0, sementara itu wacana mengenai revolusi industri 5.0 sudah mulai berjalan. Revolusi industri 5.0 diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi industri, pelanggan, pekerja dan masyarakat pada umumnya, seperti meningkatkan produktivitas, kualitas, dan keamanan produksi, serta menciptakan peluang kerja baru dan mengurangi dampak lingkungan yang negatif. Dengan menerapkan teknologi canggih dan proses produksi yang lebih efisien, karyawan yang ada juga dituntut untuk terus meningkatkan keahlian mereka dan pemikiran strategis untuk tingkatkan performa.Stres adalah reaksi fisik dan emosional yang muncul ketika seseorang menghadapi tekanan, ancaman, atau situasi baru. Stres merupakan bagian alami dari kehidupan, namun jika berlebihan dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan. Psikologi positif fokus pada kekuatan dan sumber daya individu dari pada masalah dan ketidaksempurnaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerapan psikologi positif sebagai strategi mengatasi stres kerja bagi karyawan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh Virtue yang paling dominan disini adalah curiosity, perseverance, justice dan temperance.
Kata Kunci: psikologi positif ,stres kerja
Currently, there are still many industries that are just starting to adapt to industry 4.0, while the discourse about the industrial revolution 5.0 has begun to run.The industrial revolution 5.0 is expected to provide many benefits for the industry, customers, workers and society in general, such as increasing productivity, quality, and production safety, as well as creating new job opportunities and reducing negative environmental impacts. By implementing advanced technology and more efficient production processes, existing employees are also required to continuously improve their skills and strategic thinking to improve performance. Stress is a physical and emotional reaction that arises when a person encounters new pressure, threats, or situations. Stress is a natural part of life, but if it is excessive and lasts for a long time, it can damage health. Positive psychology focuses on individual strengths and resources rather than problems and imperfections. The purpose of this study is to find out the relationship between the application of positive psychology as a strategy to overcome work stress for employees. The method used is a qualitative method with the type of field research or field research. The results of the research obtained by Virtue are the most dominant here are curiosity, perseverance, justice and temperance.
Keywords: positive psychology, work stress
Full Text:
PDFReferences
Arikunto (2005). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ciziuniene, K. (2016). Research on competencies of human resources in transport. Journal Engineering 27, 336 – 343.
Compton, William C. 2005. An Introduction to Positive Psychology. USA: Thomson Learning, Inc.
Dingle, J. (1995). Analysing the competence requirement of manager. Journal Management Development, 8, 30-36.
Frohh. Jeffrey. 2004. The History of Positive Psychology : Truth be told. NYS Psychologist, May/June.
Gaol, Jimmy.L, CHR. (2019).A to Z Human Capital, Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep, Teori, dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis, Kompas Gramedia, Jakarta.
Heriati. 2018. Aplikasi Psikologi Positif di Dunia Kerja. (Online).http://www.intipesan.com/aplikasi-psikologi-positif-di-dunia-kerja/ diakses 24 Agustus 2021.
Husaini, Usman.2009. Metodologi Penelitiam Sosial.Jakarta : Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi penelitian kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung
Peterson, C.& Seligman, M.E.P (2004). Character strengths and virtues; A handbook and classification. New York: Oxford University Press, Inc.
Robbins,Stephen P and Coulter Mary. 2012. Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Ryff, C. D & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of psychological well being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69, 719-727.
Seligman, Martin E.P & Csikszentmihalyi, Mihaly. 2000. Positive Psychology : An Introduction. American Psychology Association, Vol 55, No. 1, 5-14.
Spencer and Spencer. (2003). Competence At Work: Model For Superior Peformance. John Wiley And Sons, Inc.
Spinrad, Tracy L. & Eisenberg, Nancy. 2009. Empathy, Prosocial Behavior, and Positive Development in Schools. Handbook of Positive Psychology in School. Oxon : Taylor & Francis
Uliyani, Farida. (2023). Penerapan Psikologi Positif Pada Dunia Kerja dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional Karyawan, Jounal of Economics and Management Scientic, Vol.6
Warr, P. (1999). Well-being and the workplace, in Daniel Kahneman, Ed Diener & Norbert Schwarz (Eds), Well-being : The Foundations of Hedonic Psychology. New York : Russel Sage Foundation
Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v10i2.4576
Refbacks
- There are currently no refbacks.

