ANALISIS DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN DAYA SAING UMKM KULINER
Abstract
Abstrak: Digital marketing memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan daya saing UMKM kuliner di Banda Aceh. Digital marketing menjadi instrumen penting dalam strategi pemasaran, meskipun banyak pelaku UMKM yang masih kurang memahami penggunaannya dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial, website, dan e-commerce terhadap daya saing UMKM kuliner di Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dari 30 pelaku UMKM yang telah memanfaatkan digital marketing. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda untuk mengidentifikasi pengaruh signifikan dari variabel independen (media sosial, website, dan e-commerce) terhadap variabel dependen (daya saing UMKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan e-commerce memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing UMKM kuliner, sementara website menunjukkan pengaruh negatif. Media sosial terbukti memiliki pengaruh paling dominan, diikuti oleh e-commerce. Hal ini pula menunjukkan bahwa UMKM Kuliner lebih optimal menggunakan media social dan e-commerce dikarenakan adanya interaksi yang baik dengan pelanggan. Tidak semua digital marketing harus digunakan untuk pemasaran namun berfokus terhadap yang memberikan dampak luas.
Kata Kunci: Digital Marketing, Daya Saing, UMKM, Media Sosial, Website, E- Commerce
Abstract: Digital marketing has a significant role in increasing the competitiveness of culinary MSMEs in Banda Aceh. Digital marketing has become an important instrument in marketing strategies, even though many MSMEs still do not understand how to use it effectively. This research aims to analyze the influence of social media, websites, and e-commerce on the competitiveness of culinary MSMEs in Banda Aceh. The method used is quantitative with a survey approach, where data is collected through questionnaires from 30 MSME players who have utilized digital marketing. Data analysis was carried out using multiple linear regression to identify the significant influence of the independent variables (social media, website, and e-commerce) on the dependent variable (MSME competitiveness). The research results show that social media and e-commerce have a positive and significant influence on the competitiveness of culinary MSMEs, while websites show a negative impact. Social media is proven to have the most dominant influence, followed by e-commerce. This also indicates that Culinary MSMEs use social media and e-commerce more optimally due to good customer interaction. Not all digital marketing must be used for marketing, but focus on those that have a broad impact.
Keywords: Digital Marketing, Competitiveness, UMKM, Social Media, Website, E-Commerce
Full Text:
PDFReferences
Susanto dkk. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. 6(1), Hal: 42–47.
Dewi, V.S. dkk. (2019). Internet Sebagai New Media Informasi Kesehatan Kewanitaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1).
Ria, R., dan Susilo, B. (2023). Intensi Penggunaan Teknologi Cloud Accounting Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Riset Dan Konseptual. 8(1), Hal: 261–271.
Lestari, dkk. (2022). Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Gampong Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pendidikan). 2(4).
Lestari, S., Marniati, M., Dewi, S. V., & Dian, C. (2023, March). The effect of innovation capability and digital technology on the profitability of MSMEs in the Covid-19 pandemic time. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2484, No. 1). AIP Publishing.
Diskopukmdag. (2024). Strategi Penguatan UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing di Era Digital. Kementerian Koperasi dan UKM.
Chakti, Andi Gunawan. (2019). The Book Of Digital Marketing. Celebes Media Perkasi. Hal: 137-144.
Zahay, D. (2021). Advancing research in digital and social media marketing. Journal of Marketing Theory and Practice, 29 (1), Hal: 125-139.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th Edition). Pearson Education.
Wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis IV, Hal: 327-337.
Susanto dkk. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. 6(1), Hal: 42–47.
Dewi, V.S. dkk. (2019). Internet Sebagai New Media Informasi Kesehatan Kewanitaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1).
Ria, R., dan Susilo, B. (2023). Intensi Penggunaan Teknologi Cloud Accounting Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Riset Dan Konseptual. 8(1), Hal: 261–271.
Lestari, dkk. (2022). Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Gampong Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pendidikan). 2(4).
Lestari, S., Marniati, M., Dewi, S. V., & Dian, C. (2023, March). The effect of innovation capability and digital technology on the profitability of MSMEs in the Covid-19 pandemic time. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2484, No. 1). AIP Publishing.
Diskopukmdag. (2024). Strategi Penguatan UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing di Era Digital. Kementerian Koperasi dan UKM.
Chakti, Andi Gunawan. (2019). The Book Of Digital Marketing. Celebes Media Perkasi. Hal: 137-144.
Zahay, D. (2021). Advancing research in digital and social media marketing. Journal of Marketing Theory and Practice, 29 (1), Hal: 125-139.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th Edition). Pearson Education.
Wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis IV, Hal: 327-337.
Lakshmi.V dkk. (2017). A Study On Impact Of Social Media On Small And Medium Enterprises. International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR). 11(2), Hal: 64-71.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing. Taylor & Francis.
Sugiarti, Y., dkk. (2020). E-commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2), Hal: 298.
Maskarto, L. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), Hal: 122–127.
Magableh, I. K., Mahrouq, M. H., Ta’Amnha, M. A., & Riyadh, H. A. (2024). The Role of Marketing Artificial Intelligence in Enhancing Sustainable Financial Performance of Medium-Sized Enterprises Through Customer Engagement and Data-Driven Decision-Making. Sustainability, 16(24), 11279.
Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Insani, S. F., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari. Warta LPM, 44–56.
Wibowo, F., & Putra, F. I. F. S. (2023). Meet-Ex: The Exploratory Study of Sustainable Business Strategy Model Initiation in Improving MSMEs Capability to Meet Consumer Expectations. Journal of Management and Entrepreneurship Research, 4(1), 1–16.
Maria, V., Aziz, A. F., & Rahmawati, D. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM Lokal melalui Strategi Pemasaran Digital di Era Digital. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(2), 208–220.
Nugroho, H., Widaningsih, S., Mandasari, R. I. M., Umbara, T., & Susanty, A. I. (2024). Digital Marketing Melalui Pembuatan Web Profile dan Rebranding Kelompok Wanita Tani Melati Bojongmanggu. SOROT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50–58.
Heryana, N., Kom, M., Muhammad Fuad, S. E., Titi Nugraheni, S. E., MM, Ms., Darnilawati, S. E., Meida Rachmawati, S. E., MM, M. H., Triansyah, F. A., & Susano, A. (2023). UMKM dalam Digitalisasi Nasional. Cendikia Mulia Mandiri.
Kirom, N. R., Sudarmiatin, S., & Hermawan, A. (2022). E-commerce strategy for msme innovation development in the new normal era. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 3(1), 169–178.
Zhang, N., Liu, R., Zhang, X.-Y., & Pang, Z.-L. (2021). The impact of consumer perceived value on repeat purchase intention based on online reviews: by the method of text mining. Data Science and Management, 3, 22–32.
DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v10i2.4580
Refbacks
- There are currently no refbacks.

