DIGITAL STORYTELLING SEBAGAI STRATEGI BARU MENINGKATKAN MINAT LITERASI GENERASI MUDA

Ika Fadillah, Khurotu Dini2

Abstract


Email :ikanurfadillah2019@gmail.com¹,khrtdini@gmail.com2

Abstrak

Digital Storytelling merupakan suatu cara dalam menyampaikan cerita baik itu fiksi maupun realita yang dapat disertai dengan gambar, teks, audio maupun video. DS dapat dijadikan strategi baru dalam meningkatkan liteasi pada generasi muda di Indonesia. Majunya teknologi informasi dapat memudahkan semua orang dalam mengakses internet, mereka juga bisa memannfaatkan platform-platform yang ada untuk mengekspeskan diri baik itu dalam bentuk foto, teks, maupun video. Adapun jenis-jenis pengenalan yang dapat diterapkan pada generasi muda yaitu penerapan pembelajaran dan penerapan konten di internet seperti video blog (vlog) dan podcast. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (literature review) dan menghasilkan bahwa Digital Storytelling dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan minat literasi khususnya pada generasi muda sekarang.

Kata kunci : Digital Storytelling, literasi, generasi muda


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v7i2.1566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda