PEMBUATAN ANIMASI 3D TAMAN SHULTHANAH SHAFIATUDDIN MENGGUNAKAN BLENDER

Lenny Yurisma, Sarini Vita Dewi, Mutiawati Mutiawati

Abstract


Kota Banda Aceh merupakan ibukota dari Provinsi Aceh dan banyak terdapat lokasi wisata, salah satunya yaitu Taman Shulthanah Shafiatuddin. Banyak wisatawan akan mengunjungi lokasi wisata tersebut saat mereka berada di Banda Aceh. Bagi wisatawan yang belum mengunjungi tempat wisata tersebut maka mereka bisa melihatnya melalui animasi 3D ini sebelum mengunjunginya secara langsung. Proses pembuatan animasi 3D ini menggunakan metode observasi dan studi literatur atau metode kepustakaan. Data yang diperoleh dari buku- buku dan situs-situs internet yang berisi informasi tentang Taman Shulthanah Shafiatuddin. Pembuatan model 3D ini menggunakan aplikasi Google Sketchup dan kemudian di export ke aplikasi Blender untuk proses penganimasiannya sehingga menghasilkan output berupa video. Pembuatan animasi 3D ini dirancang untuk menampilkan seluruh kawasan yang ada dilingkungan Taman Shulthanah Shafatuddin dan diharapkan mampu memberikan informasi bagi wisatawan atau pengguna lainnya

Full Text:

PDF

References


Forino. 2015. Analisis Jurnal Pemodelan Grafis Blender. [Online] Tersedia: http://forinoleonardo.blogspot.com/2015/01/ analisis-jurnal-pemodelan-grafis- blender.html. [9 Januari 2015]

Ghozali, Ismail. 2011. Analisis Dan Pembuatan Animasi 3D Penggabungan Foto Dan Video. Yogyakarta: Jurnal Tidak di Terbitkan.

Gora, Winastwan. 2004. Animasi 3D Instant Menggunakan Ulead Cool 3D Studio. Semarang: Andi.

Hanif. 2014. Pembuatan 3 Dimensi Pada Lingkungan Gedung Pekan Kebudayaan Aceh Menggunakan Google Sketchup. Banda Aceh: Tugas Akhir Tidak di Terbitkan.

Hikmah, Khasyatun. 2014. Animasi 3 Dimensi Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Materi Jenis Jamur Beserta Manfaatnya Menggunakan Software Blender (Studi Kasus: SMA Negeri 7 Banda Aceh). Banda Aceh: Tugas Akhir Tidak di Terbitkan.

Murtaza, E. 2014. Implementasi Pemodelan 3D Di Kawasan Pelabuhan Ulhee Lheu Dengan Menggunakan Sketchup 2013 dan Google Earth. Banda Aceh: Tugas Akhir Tidak Diterbitkan

Mutiawati, H. (2020). Development of Mathematics Learning for PGSD Students Using Video Game with Comic Storyline DEVELOPMENT OF MATHEMATICS LEARNING FOR PGSD STUDENTS USING VIDEO GAME WITH COMIC STORYLINE. 6(2), 203–209. https://doi.org/https://doi.org/10.3314/jes.v6i2.1161

Mutiawati, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Menganalisiskemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Mahasiswa. Journal of Education Science, 70–76. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/361

Nalwan, Agustinus. 1996. Pemrograman Animasi dan Game Profesional 3. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Prasetyo, D.J. 2008. Desain 3D Menggunakan Google Sketchup. Yogyakarta: Andi

Safrian. 2015. Animasi Visual 3D Gedung Perpustakaan Universitas U’budiyah Indonesia Menggunakan Aplikasi Blender v2.69. Banda Aceh: Tugas Akhir Tidak di Terbitkan.

Surya. 2013. Makalah tentang Corel Draw. [Online] Tersedia: http://suryaarbiwinata.blogspot.co.id/2013/1 1/makalah-tentang-corel-draw.html. [November 2013]

Wirawan, Pandu Aji. 2011. Kelebihan Blender.

[Online] Tersedia:

http://ilmukomputer.org/2011/11/29/kelebiha n-blender/. [29 November 2011]

Yudaka, NH. 2015. Blender (Perangkat Lunak).

[Online] Tersedia:

https://id.wikipedia.org/wiki/Blender(perang kat_lunak). [Agustus 2015.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v7i1.1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda