PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BUDAYA DEMOKRASI

Eldafiatni Eldafiatni, Imran Imran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif Learning tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Budaya Demokrasi pada siswa kelas XI T. LAS di SMKN 2 Banda Aceh Tahun 2018.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI T. LAS di SMKN 2 Banda Aceh Tahun 2018 sebanyak 30 siswa yang semua terdiri siswa putra. Analisa data menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.

Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi budaya demokrasi pada siswa kelas XI T. LAS di SMKN 2 Banda Aceh Tahun 2018 yang di tandai akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan 90 % dari nilai tes kondisi awal 56,7% menjadi 70,0% pada siklus 1. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 72,2% dari kondisi awal yang tuntas hanya 17 siswa, menjadi 27 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas XI T. LAS di SMKN 2 Banda Aceh Tahun 2018, mengalami peningkatan hasil belajar pada materi budaya demokrasi.


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional, 2010 Pendidikan, Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus Dan Contoh/Metode Silabus SMA/MA mata pelajaran PKn, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional

Iskandar, 2010 Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru, Ciputat, gaung Persada Press

Dimiyati Mudjiono, 2010 Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta

Zakiah Darazat, 2010 Metodik Pengajaran Agama, Jakarta, Bumi AKsara

Muhibuddin Syah, 2011 Psikologi Belajar, Jakarta, Rajawali Press

Syaiful Sagala, 2012 Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfa Beta

Yatim Riyanto, 2013 Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensif Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas, Jakarta, Kencana Prenada Media

Anita Lea, 2014 Cooperative Learning, Mempraktikkan Kooperatif di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta, Gramedia

Wina Sanjaya, 2014 Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Kencana Media

Trianto, 2014 Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jakarta, Prestasi Pusaka

Zainal Aqib, 2014 PTK Untuk Guru SMP, SMA, SMK, Bandung,Yuama Widya

Rohiyati Wiriaatmadja, 2014 PTK Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya

Nuraini Simangunsong, 2014 Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Tesis Pasca Sarjana Unimed

Iskandar, 2014 Penelitian Tindakan Kelas, Ciputat, Gaung Persada Press

Masnur Muslich, 2014 Melaksanakn PTK Itu Mudah Pedoman Praktis bagi Guru Profesional, Jakarta, Bumi Aksara

Sugoyona, 2014 Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung, Alpabeta

Suandi, 2014 Metoda Penelitian tindakan Kelas, Kediri, Janggala Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v7i2.1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda