PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGEMBANGAN RPP MELALUI TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL PADA SMA BINAAN DI PIDIE JAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan upaya meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam mengembangkan RPP sebagai persiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran sebanyak 23 orang yang tersebar di 2 SMA binaan dalam Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan dua siklus, dimana setiap siklus akan dilakukan supervisi individual untuk setiap guru yang menjadi objek penelitian. Setiap supervisi menggunakan instrumen supervisi tela’ah RPP yang sudah teruji dan layak untuk digunakan. Data awal yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan RPP masih rendah sekitar 20%. Setelah dilakukan penelitian dan upaya peningkatan pada siklus I maka kemampuan guru meningkat menjadi 65% dari jumlah guru yang diteliti. Dalam penelitian di siklus I, peneliti masih mengarahkan guru untuk mengembangkan RPP dengan landasan teori berdasarkan juknis yang ada. Peneliti masih merasa belum cukup atas peningkatan tersebut, sehingga melanjutkan pada siklus II. Dalam melaksanakan penelitian pada siklus II, peneliti lebih mengarahkan guru untuk mempraktekkan secara langsung bersama peneliti berdasarkan kajian teori yang telah dipelajari pada siklus sebelumnya. Maka didapatkan hasil bahwa peningkatan kemampuan guru sangat signifikan yaitu sampai 91% dari jumlah guru yang ada sudah sanggup mengembangkan RPP secara baik. Dan juga keaktifan guru dalam mengembangkan RPP meningkat sampai batas maksimal.
Kata Kunci: Kompetensi pedagogik guru, supervisi individual
Improving Teacher Pedagogic Competence in RPP Development Through Individual Supervision Techniques in SMA Fostered in Pidie Jaya
Â
This study aims to obtain data and efforts to improve the pedagogic ability of teachers in developing lesson plans as teacher preparation to carry out learning in accordance with the 2013 curriculum. The research method used is School Action Research (PTS) which consists of 2 cycles. The research subjects were 23 subject teachers spread over 2 target high schools in Pidie Jaya Regency. This research was carried out using two cycles, where each cycle will be supervised individually for each teacher who is the object of research. Each supervision uses the RPP review supervision instrument that has been tested and is suitable for use. Preliminary data obtained indicate that the ability of teachers to develop lesson plans is still low at around 20%. After research and improvement efforts were made in the first cycle, the teacher's ability increased to 65% of the number of teachers studied. In the research in the first cycle, the researcher still directs the teacher to develop lesson plans with a theoretical basis based on the existing technical guidelines. Researchers still feel that this increase is not enough, so they continue in cycle II. In carrying out research in cycle II, researchers directed teachers to practice directly with researchers based on theoretical studies that had been studied in the previous cycle. Then it was found that the increase in the ability of teachers was very significant, up to 91% of the existing teachers were able to develop lesson plans well. And also the activeness of teachers in developing lesson plans increased to the maximum extent.
Keywords: Teacher pedagogic competence, individual supervision
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : BSNP.
Depdiknas. 1997. Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Revitalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta : Program Pendidikan Menengah Umum.
Depdiknas. 2004. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah; Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Pedoman Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA / SMK. Jakarta : Dirjen PMPTK.
Djamarah, SB. Zain, A. 1996. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Glickman, C. D. (1981). Developmental supervision : Altenative practices for helping teachers. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Glickman, C. D. (1990). Supervision of instruction: A developmetn approach (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Gwynn, J.M. 1961. Theory and Practice of Supervision. New York: Dodd, Mead & Company.
Harahap, Baharuddin. 1983. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan olehGuru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Makmun, Abin Syamsudin. 2005. Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep,Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Sekolah.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sagala, H. Syaiful. 2006. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, H. Nana. 2009. Penelitian Tindakan Kepengawasan, Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Jakarta : Binamitra Publishing.
Supandi. 1996. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama Universitas Terbuka.
Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i1.2181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by