ELEKTRONIK-BOOK SEBAGAI MEDIA TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SENI TUTUR ACEH PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 45 KOTA JANTHO

Arismunandar Arismunandar, Fitra Airiansyah

Abstract


Elektronik book memiliki dau fitur dilihat dari sudut pandang Pendidikan, yaitu 1) teks e-book merupakan hypermedia, para siswa mungkin menggunakan hyperlink yang disertakan untuk melompat ke topik terkait dan teks bisa berisi elemen grafik audio dan video; 2) konten e-book bisa dengan mudah diubah untuk menyesuaikan kebutuhan para siswa dengan menggugah buku baru dan menghapus teks yang tidak diinginkan. Format e-book semakin disukai karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan buku konvensional. E-book mempunyai banyak format yang bisa digunakan. Popularitas umumnya bergantung pada ketersediaan berbagai buku elektronik dalam format tersebut dan mudahnya peranti lunak yang digunakan untuk membaca jenis format tersebut diperoleh. Ada beberapa jenis e-book yaitu : teks polos, pdf, jpeg, LIT, docx, html dan format open electronic book package. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat baca siswa kelas V  MIN 45 kota Jantho Aceh Besar terhadapat seni tutur aceh melalui elektronik book. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V  MIN 45 kota Jantho Aceh Besar yang berjumlah 30 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 14 siswa dan siswa perempuan sejumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik tes sebagai evaluasi tindakan, teknik observasi untuk mengamati respon dari peserta didik selama tindakan, serta teknik wawancara yang digunakan untuk melengkapi informasi sebagai bahan untuk refleksi. Berdasarkan Hasil penelitian dengan tindakan kelas dapat diketahui setelah tes dilaksanakan dan hasilnya disandingkan dengan KCM sekolah yaitu 75, diketahui bahwa sebelum tindakan dilakukan persentase siswa yang memperoleh nilai diatas KCM yakni 43 %. Sementara setelah tindakan siklus 1 dan II dilakukan, persentase siswa yang memperoleh nilai diatas KCM pada siklus 1 yaitu 60 % dan 87 % pada siklus II. Salah satu upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan menggunakan Elektronik book  sebagai bagian dari kegiatan literasi dan peningkatan minat baca pada siswa kelas V  MIN 45 kota Jantho Aceh Besar terhadapa seni tutur aceh. Setelah kegiatan literasi digital tersebut dilaksanakan melalui penelian tindakan Kelas, terjadi peningkatan persentase minat baca siswa kelas V  MIN 45 kota Jantho Aceh Besar. Selain itu dari hasi penelitian bahwa dengan adanya elekronik book yang berisikan tentang seni tutur aceh yaitu cerita-cerita dan hikayat seperti cerita hikayat malem diwa, aneuk glueh dan putroe malahayati yang mempunyai banyak makna dan ilmu pengetahuan serta wawasan bagi siswa yang membaca elektronik book seni tutur aceh ini.

Kata Kunci: E-Book; Minat Baca, Seni Tutur Aceh, Siswa-siswi

 

Electronic books have two features from an Educational point of view, namely 1) e-book texts are hypermedia, students may use the included hyperlinks to jump to related topics and the text may contain audio and video graphic elements; 2) e-book content can be easily changed to suit students' needs by evoking new books and removing unwanted text. E-book format is increasingly preferred because it has many advantages compared to conventional books. E-books have many formats that can be used. Popularity generally depends on the availability of various e-books in these formats and the ease with which the software used to read these types of formats can be obtained. There are several types of e-books, namely: plain text, pdf, jpeg, LIT, docx, html and open electronic book package formats. The purpose of this study was to determine the reading interest of the fifth grade students of MIN 45 in the city of Jantho Aceh Besar towards the art of speech in Aceh through electronic books. The subjects in this study were students of class V MIN 45 in the city of Jantho Aceh Besar, totaling 30 students with 14 male students and 16 female students. The data collection technique used in this research is using the test technique as an evaluation of the action, the observation technique to observe the responses of the students during the action, and the interview technique used to complete the information as material for reflection. Based on the results of the research with classroom action, it can be seen after the test is carried out and the results are juxtaposed with the school's KCM which is 75, it is known that before the action is carried out the percentage of students who score above the KCM is 43%. Meanwhile, after the actions in cycles 1 and II were carried out, the percentage of students who scored above the KCM in cycle 1 was 60% and 87% in cycle II. One of the efforts made by the school to increase students' reading interest is by using electronic books as part of literacy activities and increasing reading interest in fifth grade students of MIN 45 city of Jantho Aceh Besar towards the art of speech in Aceh. After the digital literacy activity was carried out through classroom action research, there was an increase in the percentage of reading interest in fifth grade students at MIN 45 in the city of Jantho Aceh Besar. In addition, from the results of the research that there is an electronic book that contains the art of Acehnese speech, namely stories and saga such as the story of the saga of Malem Diwa, Aneuk Glueh and Putroe Malahayati which have many meanings and knowledge and insights for students who read electronic books on the art of speech. this aceh.

Keywords: E-Books; Interest in Reading, Acehnese Speech Arts, Students


Full Text:

PDF

References


Anonimus (2016). Pedoman Pelaksanaan Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Ardianti, S. D., and Wanabuliandari, S. 2021. Ethno-Edutainment Digital Module to Increase Students’ Concept Understanding. In Journal of Physics: Conference Series, 18231.

Fitria, H. (2018). Pengembangan Strategi Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Hendrayani, Ade. 2018. Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Husnah Mustika Sari, Nurul. 2020. Impementasi Metode Penemuan Terbimbing Guna.

Ismaya, Erik Aditia. 2017. Pembelajaran Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Literasi Informasi Untuk Mendukung Pencapaian Visi Universitas Kebudayaan. ProsidingSeminar Nasional Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti.

Prastikawati, E. F., dan Asropah, A. 2020. Students’ Perception Toward SPADA Upgris As Digital Platform In Learning Process. REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Rijali, Ahmad. 2019. Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah.

Wiratsiwi, Wendri. 2020. Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Zaluchu, Sonny Eli. 2020. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda