KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS: STUDI KASUS SIWA KELAS VII DI SMPIT NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL ACEH

Suryawati Suryawati, Cut Hanan Fathiyyah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan pada siswa kelas VII SMPIT Nurul Fikri Boarding School yang dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal segiempat dan segitiga. Namun, diketahui bahwa salah satu penyebab kesulitan yang terjadi adalah karena kemampuan koneksi matematis siswa. Kemampuan koneksi matematika salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki siswa karena kemampuan ini merupakan standar kurikulum yang ditetapkan oleh NCTM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi segiempat dan segitiga ditinjau dari kemampuan koneksi matematis. Metode kualitataif dengan pendekatan deskriptif diterapkan dalam penelitian ini. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa yang masing-masing berkatagori memiliki kemampuan koneksi matematis baik, cukup baik dan sangat buruk. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa siswa mengalami permasalahan pada soal yang diberikan karena adanya factor-faktor yang mempengaruhi kemampuan koneksi matematis, seperti pengetahuan prasyarat, pengetahuan mata pelajaran lain dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan matematika.

Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Kesulitan Siswa

 

This research is a case study conducted in class VII at SMPIT Nurul Fikri Boarding School, which is motivated by students' difficulties in solving quadrilateral and triangle problems. However, it is known that one of the causes of the difficulties that occur is due to the students’ mathematical connection ability. Mathematical connection ability is one of the mathematical abilities that must be possessed by students because mathematical connection skills are the curriculum standards set by NCTM. Therefore, the purpose of this research is to discover the students' difficulties in solving quadrilateral and triangle material problems in terms of mathematical connection abilities. A qualitative method with a descriptive approach was applied to this study. The research subjects were 3 students, each of whom is categorized as having good, good enough, and very poor mathematical connection ability. Data collection was carried out using interview techniques. Based on the results of the interviews, it is known that students have difficulty understanding the problems in the question set due to factors that affect the ability of mathematical connections, such as prerequisite knowledge, knowledge of other subjects, and experiences in everyday life related to mathematics.

Keywords: Mathematical Connection Ability, Student Difficulties


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125–132.

Bell, F. H. (1981). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). Wm. C. Brown Company.

Fathiyyah, C. H. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di SMPIT Nurul Fikri Aceh Besar. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala], Banda Aceh.

Hadin, Helmy Muhammad Pauji, dan U. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1, 657.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hendriana, Heris, S. U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayati Isra. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 01 Kampar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau], Pekanbaru.

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu. Journal On Education, 01(02), 309–316.

NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics.

Permatasari, R., & Nuraeni, R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 145–156. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1033

Pitriyani, P., Fitrianna, A. Y., Malinda, P., & Hajar, M. S. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA MTs DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2989

Risdayati, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMP/MTs. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau], Pekanbaru

Rohaendi, D., & Dulpaja, J. (2013). Connected Mathematics Project (CMP) Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of Education and Practice.

Slamento. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Phytagoras, Vol. 4, No, 56.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda