MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BESARAN FISIKA DAN PENGUKURANNYA
Abstract
Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Fisika khususnya materi besaran fisika dan pengukurannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Panga Kabupaten Aceh Jaya pada mata pelajaran fisika materi besaran fisika dan pengukurannya. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mata pelajaran fisika materi besaran fisika dan pengukurannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 SMAN 1 Panga Kabupaten Aceh Jaya Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 orang siswa, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari tidak ada siswa yang lulus (0%) pada pra siklus menjadi 11 orang siswa yang lulus (46%) pada siklus I dan 20 orang siswa yang lulus (83%) pada siklus II.
Kata Kunci: hasil belajar siswa, model pembelajaran problem based learning, besaran fisika dan pengukurannya
One way to improve student learning outcomes for Physics subjects, especially the material for physics quantities and their measurements, is to use a problem based learning model. The purpose of this study was to improve the learning outcomes of students in class X IPA-2 at SMA Negeri 1 Panga, Aceh Jaya Regency, in the subject of physics, the material of physics quantities and their measurements. The subjects of this study were students of class X IPA-2 SMAN 1 Panga, Aceh Jaya Regency, 2021/2022 academic year, totaling 24 students, to obtain the author's data using test and non-test techniques. After the data was collected, the writer processed and analyzed the data by comparing the results of observations and tests in cycle 1 and cycle 2. The results showed that there was an increase in student learning outcomes, namely from no students who passed (0%) in the pre-cycle to 11 students who passed (46%) in the first cycle and 20 students who passed (83%) in the second cycle.
Keywords: student learning outcomes, problem based learning learning models, physical quantities and their measurements
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, R. I, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : UNESA.
Kahingan, M. (2016). .Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Sukino. (2016). MATEMATIKA untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Purwadamita. (1992). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Karya..
Sudjana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Karya.
Surakhmad, W. (1980). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Adiatama.
Muslimin Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Haryanto dan Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by