PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X MIPA1 SMA NEGERI 1 MEUREUDU
Abstract
Hasil observasi kelas menunjukkan bahwa peserta didik kurang termotivasi untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan sebagian besar siswa menganggap bahwa pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang sulit. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar fisika kurang maksimal yang berdampak tidak tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal maupun individu. Model pembelajaran guided discovery dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti  tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model guided discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian: untuk mengetahui penerapan model guided discovery pada materi kinematika gerak lurus di kelas X MIPA1 SMA Negeri 1 Meureudu dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian: penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIPA1 SMA Negeri 1 Meureudu dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen data tentang kondisi awal peserta didik diambil dari nilai prasiklus materi sebelumnya. Analisis data dekskriptif, meliputi analisis deskriptif komparatif hasil belajar dengan cara membandingkan hasil belajar pada siklus I dengan siklus II. Tes yang diberikan sebelum (prasiklus) dan setelah (tes siklus I dan siklus II ) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Hasil Penelitian: adanya peningkatan nilai rata-rata aktivitas peserta didik, yaitu siklus I sebesar 76,38 %, pada siklus II 90,80 % dan adanya peningkatan hasil belajar, yaitu siklus I rata-rata nilai sebesar 77,74 dengan ketuntasan belajar klasikal 77,4 %, rata-rata nilai siklus II 83,87 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.  Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model guided discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 pada materi kinematika gerak lurus di SMA Negeri 1 Meureudu.
Kata Kunci: Model guided discovery, hasil belajar
The results of class observations showed that students were less motivated to answer the questions given by the teacher and most of the students thought that physics was a difficult subject. These problems cause the learning outcomes of physics to be less than optimal which has an impact on not achieving mastery learning both classically and individually. Guided discovery learning model can be an alternative to improve understanding which in turn will improve student learning outcomes. Therefore, researchers are interested in conducting further research on the guided discovery model in improving student learning outcomes. The purpose of the study: to determine the improvement of physics learning outcomes on the subject of linear motion kinematics in class X MIPA 1 SMA Negeri 1 Meureudu. Type of research: classroom action research. The subject of this research is class X MIPA 1 SMA Negeri 1 Meureudu with a total of 31 students. The data collection technique used is a data document about the initial conditions of students taken from the pre-cycle value of the previous material. Descriptive data analysis, including comparative descriptive analysis of learning outcomes by comparing learning outcomes in cycle I and cycle II. The test given before (pre-cycle) and after (test cycle I and cycle II) aims to determine cognitive learning outcomes. Research results: an increase in the average value of student activities, namely the first cycle of 76.38%, in the second cycle 90.80% and an increase in learning outcomes, namely the first cycle the average value of 77.74 with classical learning completeness 77.4%, the average value of the second cycle is 83.87 with 100% classical learning completeness. Thus, it can be concluded that the application of the guided discovery model can improve student learning outcomes in class X MIPA 1 on the material of straight motion kinematics at SMA Negeri 1 Meureudu.
Keywords: guided discovery model, learning outcomes
ÂFull Text:
PDFReferences
Akanbi, A.A. dan C.B. Kolawole. 2014. Effects of Guided-Discovery and Self -Learning Strategies on Senior Secondary School Students’ Achievement in Biology, (Online), 6 (1). Journal Of Education and Leadership Development, (http://www.cenresinpub.org/pub/june2014/jeld/page 0097.pdf., diakses 1 September 2019).
Akinbobola, A.O dan F. Afolabi. 2012. Constructivist practices through guided discovery approach: The effect on students’ cognitive achievement in Nigerian senior secondary school physics. (Online), 3 (2). Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP),(http://bjsep.org/getfile.php?id=61, diakses 4 September 2014).
Akanmu, M. A, Fajemidagba, M. O. 2013. Guided-discovery Learning Strategy and Senior School Students Performance in Mathematics in Ejigbo Nigeria. (Online), 4 (12). Journal of Education and Practice. (http://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/6515), diakses 4 September 2014.
Anderson, L, W. Krathwohl dan R. David. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and assessing a Revision of Bloom’s Taxonomy. (Online), (http:www.kurwongbss.qbl.eduau thinking Blomm blooms.html, diakses 10 Oktober 2015).
Balim, A.G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills.Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal ofEducational Research, (Online), 35 (20),(http://www.ejer.com./download/pdf/eng/1177009234.pdf, diakses, 10 Juli 2015).
Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
________. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Dahar, W. R. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Foster, B. 2004. Fisika SMA Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Faizi, M. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva Press
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
_______. 2009. Media Pendidikan cet.ke-4. Bandung : Alumni
_______. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kanginan, M. 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Lestari, R.P. dan Suliyah. 2014. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dalam Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA N 1 Sukomoro. (Online), 3 (2).Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), (https://www.scribd.com/doc/221355479/penerapan-pendekatan-keterampilan-proses-sains-dalam-model-pembelajaran-guided-discovery-pada-materi-suhu-dan-kalor-terhadap-hasil-belajar-siswa-#download, diakses 8 Juli 2015)
Nawawi, Hadari. 1981. Metode Penelitian Deskriptif. Yogyakarta. Gajah Mada University Press
Sagala, S. 2010. Suspensi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Sardiman. 2006. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarrta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Suryosubroto,B. 2002. Metode penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Udo, M.E. 2010. Effect of Guided-Discovery, Student- CentredDemonstration and the Expository Instructional Strategies on Students’ Performance in Chemistry, (Online), 4 (16). An International Multi-Disciplinary Journal, Ethiopia, (http://www.ajol.info/index.php/afrrev/article/download/69237/57272., diakses 7 September 2014).
________. 2011. Effects of Problem-Solving, Guided-Discovery and Expository Teaching Strategies on Students’ Performance in Redox Reactions. (Online), 5 (4). An International Multidisciplinary Journal, Ethiopia, (http://www.ajol.info/index.php/afrrev/article/view/69279), diakses 4 September 2014.
Widhy, P. 2013. Penyusunan worksheets integrated science process skils bagi guru IPA kabupaten Sleman menyongsong implementasi kurikulum 2013. (Online), https://jeperis.wordpress.com/2013/11/13/pembelajaran-ipa-pada-kurikulum-2013/, diakses tanggal 22 januari 2016.
Widiadnyana, W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP, (Online), 4 (1), e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344, diakses, 11 Juli 2015).
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by