ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI TEKS AKADEMIK BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kemampuan mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia  dalam memahami teks akademik bahasa Inggris. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk melakukan penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan ilmu gizi dan psikologi Universitas Ubudiyah Indonesia. Kelas tersebut adalah sampel yang dijadikan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal teks akademik bahasa Inggris yang terdiri dari dua puluh lima pertanyaan dimana terdapat lima item yang diuji yaitu ide pokok bacaan, informasi rinci (detail), informasi tersurat, informasi tersirat, dan kosakata bacaan dan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks akademik bahasa Inggris berada pada tingkat menengah awal.  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memahami teks akademik bahasa Inggris yaitu kurangnya kosakata dan kebiasaan membaca teks bahasa Inggris. Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi pengajar bahasa Inggris untuk menentukan bahan ajar yang sesuai dengan tingkat kemampuan pemahaman teks akademik bahasa Inggris.
Kata Kunci:Â akademik teks, kemampuan, bahasa inggris
This study aims to analyze the ability of students at the University of Ubudiyah Indonesia in understanding English academic texts. Researchers used qualitative methods to conduct this research. The population of this study were students majoring in nutrition and psychology at the University of Ubudiyah Indonesia. The class is the sample used in this study. The instrument used in the study was an English academic text question consisting of twenty-five questions in which five items were tested, namely the main idea of the reading, detailed information (detail), explicit information, implied information, and reading vocabulary and questionnaires. The results of this study indicate that students' ability to understand English academic texts is at the early intermediate level. There are several factors that influence students in understanding English academic texts, namely the lack of vocabulary and the habit of reading English texts. From the results of this study, it can be used as a guide for English teachers to determine teaching materials that are in accordance with the level of ability to understand English academic texts.
Keywords: academic text, ability, English
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta
Brown, H. D. (2004). Language Assessment Principles and Classroom Practice.aNew York: Longman.
Cohen, L., Manien. L., & Morrrison K. (2007). Research Method in Education, Sixth Edition. 2007. New York: Taylor & Francis e-Library.
Donals, A. et al. Jacobs. (2006). Introduction to Research in Education, Seventh Edition. Belmont: Thomson Wadsworth Publisher.
Dorn, L.J., & Carla S. (2005). Teaching for Deep Comprehension. Maine: Stenhouse Publisher.
Dörnyei, Z. (2005). The psychology of the language learner: Individual differences in second language acquisition. Mahwah, NJ: LawrenceErlbaum.
Larsen-Freeman, D. (2000). Techniques and principles in Language teaching. Oxford: Oxford University Press.
Lems, K.,Miller, L.D.,& Soro, T.M.(2010). Teaching Reading to English Language Learners. New York: The Guilford Press.
Nurdin. (1992). Developing Students Skill in a through Communicative Approach at SMAI.Thesis (Unpublished). Banda Aceh. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah.
Ruddel, M.R. (2005). Teaching Content Reading and Writing fourth edition.New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2428
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by