STRATEGI METODE PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi perusahaan dagang setelah diterapkannya metode pengajaran autentik pada siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Calang (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar akuntansi perusahaan dagang setelah diterapkan metode pengajaran autentik pada siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Calang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action reserch) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII, data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didaptkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I (68,42 %), siklus II (78,95%), siklus III (89,47%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Autentik dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pengetahuan sosial.
Kata kunci : Akuntansi Perusahaan Dagang, metode pengajaran autentik
This study aims to: (a) Knowing the increase in learning achievement of trading company accounting after the application of authentic teaching methods to Class XII students of SMA Negeri 1 Calang (b) Knowing the effect of learning motivation for trading company accounting after applying authentic teaching methods to Class XII students of SMA Negeri 1 Calang. This research uses three rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: design, observation, reflection, and revision. The target of this research is class XII students, the data obtained in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis, it was found that student learning achievement increased from cycle I to cycle III, namely, cycle I (68.42%), cycle II (78.95%), cycle III (89.47%). The conclusion of this study is that the Authentic model cooperative method can have a positive effect on the learning motivation of class XII students, and this learning model can be used as an alternative to social knowledge learning.
Keywords: Trading Company Accounting, authentic teaching method
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hadi, Sutrisno. (1981). Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Melvin, L. Seiberman. (2000). Active Learning. Bandung: Nuansa dan Nusamedia
Mukhlis, Abdul, Ed. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah PanitianPelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Soekamto, Toeti. (1997). Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by