MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran kimia khususnya materi ikatan kimia adalah dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini apakah dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran kimia materi ikatan kimia mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Panga Kabupaten Aceh Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Panga Kabupaten Aceh Jaya pada mata pelajaran kimia materi ikatan kimia. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi ikatan kimia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 SMAN 1 Panga Kabupaten Aceh Jaya Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 orang siswa, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari tidak ada siswa yang lulus (0%) pada pra siklus menjadi 12 orang siswa yang lulus (50%) pada siklus I dan 20 orang siswa yang lulus (83%) pada siklus II.
Kata Kunci: hasil belajar siswa, model pembelajaran problem based learning,  ikatan kimia.
One way to improve student learning outcomes for chemistry subjects, especially chemical bonding material is to use a problem based learning learning model, which is the problem formulation of this study whether by using a problem based learning learning model in chemistry subjects chemical bonding material is able to improve learning outcomes of class X IPA-2 SMA Negeri 1 Panga, Aceh Jaya Regency. The purpose of this study was to improve the learning outcomes of students of class X IPA-2 SMA Negeri 1 Panga, Aceh Jaya Regency in the subject of chemical bonding material. The benefit of this research is to improve student learning outcomes in chemistry subjects chemical bonding material. The subjects of this study were students of class X IPA-2 SMAN 1 Panga, Aceh Jaya Regency, 2021/2022 academic year, totaling 24 students, to obtain the author's data using test and non-test techniques. After the data is collected, the writer processes and analyzes the data by comparing the results of observations and tests in cycle I and cycle II. The results showed that there was an increase in student learning outcomes, from no students who passed (0%) in the pre-cycle to 12 students who passed (50%) in the first cycle and 20 students who passed (83%) in the second cycle.
Keywords: student learning outcomes, problem based learning model, chemical bonding
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, R. I, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Purba, M. (2006). Kimia SMA Kelas XII. Jakarta : Erlangga.
Sudarmo, U. (2013). Kimia Untuk SMA/MA kelas X. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Sudjana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:
PT. Remaja Karya.
Surakhmad, W. (1980). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.
Nurhadi, (2004). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press Nauli.
Hamalik, O. (2007). Belajar dan Teori Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W. (1989). Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah. PT. Gramedia.
Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ratnaningsih, N. (2003). Pengembangan Kemampuan Berfikir Matematik Peserta didik SMU Melalui Berbasis Masalah. (Tesis). Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1152/844.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by