TINGKAT PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group invetigasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan kepada 29 mahasiswa program studi farmasi semester pertama, dengan tingkat kemampuan awal dari mahasiswa berbeda secara signifikan. Dalam pelaksanaan studi ini digunakan 6 pertanyaan dari 15 pertanyaan tes MPI (Mathematical Processing Instrument) yang dikembangkan oleh Hegarty & Kozhevnikov dan angket (skala sikap) tipe Likert yang terdiri dari 14 item pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adanya hubungan positif antara penggunaan model pembelajaran Group Investigation dengan kemampuan memecahkan masalah matematis dan self-concept mahasiswa dalam tes MPI; dan (2) Adanya pendapat positif dari mahasiswa terhadap penggunaan model pembelajaran Group Investigation dalam memecahkan masalah matematis.
Kata Kunci: Group Investigation, Pemecahan Masalah Matematis, Self-Concept
Full Text:
PDFReferences
Branca, N.A. (1980). “Problem Solving as A Goal, Process and Basic Skillâ€, dalam Problem Solving in School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Bistari. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN Pontianak). Jurnal Penelitian Pendidikan. 1 – 15.
Creswell, J. W. (2010). “Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. [Terjemahan]. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudojo, H. (1998). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas Negeri Malang.
Karataş, İ., & Güven, B., 2003. Problem Çözme Davranışlarının Değerlendirilmesinde Kullanılan Yöntemler: Klinik Mülakatın Potansiyeli. İlköğretim-Online, 2(2): 9.
Maccini, P., & Gagnon, J.C., 2002. Perceptions And Application Of NCTM Standarts By Special And General Education Teachers. Exceptional Children, 68: 325-344.
Meltzer and David E. (2002). “The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: ‘hidden variable’ in Diagnostic Pretest Scoresâ€. American Journal of Physics, 70, (12), 1259-1267.
Musriandi, R. (2013). “Model Pembelajaran Matematika Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Siswa MTs. Tesis UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Mutiawati, (2013). “Analisis Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa PAI dengan Menggunakan Pembelajaran Pembelajaran Model Snow Ball Throwing pada Mata Kuliah Matematika Dasarâ€. Aceh: Pena Almuslim Media Kajian Keislaman dan Ilmu Sosial No 4 Volume 4 Desember 2012.
___________. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Mahasiswa. Aceh: Jurnal Bissotek 2014.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), 2000. Curriculum and Evaluation Standards For School Mathematics. Reston, VA: Author.
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.
____________. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Edisi Revisi. Bandung: Tarsito.
Sabandar, J. (2006). “Pertanyaan Tentang dalam Memunculkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematikaâ€.(Artikel ilmiah). Bandung: UPI jurnal pendidikan No 2 tahun XXV 2006.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics . Reston, VA: NCTM.
Winaputra, S. (2001). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yeo, J.K. (2009). “Secondary 2 Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Problemsâ€. Int. J. Math. Teach. Learn. 08.10.30 p
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v4i2.284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by