FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Keterampilan peserta didik dalam mengkomunikasikan ide-ide matematikanya dengan berbagai cara belum memenuhi harapan. Penting bagi guru mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa, karena hal tersebut dapat menjadi tantangan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, baik dengan memperbaiki gaya belajar, menumbuhkan suasana belajar, maupun menggunakan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktorfaktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wih Pesam yang terletak di Kabupaten Bener Meriah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan pendekata kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi lisan siswa adalah teman belajar, kepercayaan diri, malu, gugup, suasana pembelajaran berkelompok, waktu dilaksanakannya pembelajaran, dan gender. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi tulis siswa adalah tidak mampu menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya pada soal, kurang fokus dalam belajar sehingga tidak mengerti materi yang diajarkan, tingkat kesulitan soal, dam ketenangan dalam mengerjakan soal.
Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis.
Â
Factors Affecting the Communication of
Mathematical Ability for Junior High School Students
The skill of students in communicating their mathematical ideas in various ways have not met the expectations. It is important for teachers to know the factors that affect students’ mathematical communication abilities, because this can be a challenge for teachers to improve students’ mathematical communication skills either by improving learning styles, fostering a learning or using appropriate learning models. The purpose of this research is to describe the factors that influence students’ mathematical communication abilities. The subjects of this study consisted of 4 students of class VIII SMP Negeri 2 Wih Pesam located in Bener Meriah Regency. Data Collection techniques used are observation and interviews. Data were analyzed using a qualitative approach. The results showed that the factors that influenced students’ oral communication skills were study partners, self-confidence, shyness, nervousness, group learning atmosphere, time of study and gender. While the factors that affect students’ written communication skills are not being able to write down information that is known and asked about questions, lack of focus on learning, so they do not understand the material being taught, the level of difficulty of the questions and calmness in working on the questions.
Keywords: Mathematical communication skills, factors influenced communication skills
Full Text:
PDFReferences
Fuada, M. S., Sunardi, Setiawan, T. B. (2017). Analisis kemampuan penalaran dan komunikasi mateatis dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Jember. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 114-124.
Kurniawati, Sulis. (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di SMP Negeri 2 Wih Pesam. Skripsi, Universitas Syiah Kuala: Aceh.
Mathematics, N. C. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1984). Analisis data kualitatif, Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi, 1992. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mudayanah. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematika siswa kelas v dalam menyelesakan soal cerita bangun datar di SD Islami Al Ghaffar Dau Malang. Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim: Malang.
Munthe, V.F., Karim, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 325-340.
Ontario Ministry of Education. 2006. The Ontario Curriculum, Grades 1 to 8: Mathematics. Toronto, ON: Queen’s Printer for Ontorio.
Peraturan Menteri Dinas Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta.
Purwandari, A.S., Astuti, M.D., Yuliani, A. (2018). Evaluasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 1(1), 55-62.
Purwandiyah. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Peserta Didik SMP PGRI Singosari. Skripsi. Universitas Kanjuruhan Malang: Malang.
Zulkarnain et al, (2021). Mathematical communication skills of students in mathematics learning using discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1760, 1-8. Doi https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012045
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2849
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by