PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nurlisma Nurlisma, Kesumawati Kesumawati

Abstract


Telah dilakukan penelitian karya ilmiah yang berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Materi Akulturasi Kebudayaan Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia pada SMK Negeri 1 Calangâ€. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Akulturasi Kebudayaan Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Subyek dalam penelitiannya adalah siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Calang Tahun pelajaran 2021/2022. Data diperoleh melalui pengamatan, observasi, tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Akulturasi Kebudayaan Lokal, Hindu-Buddha, Dan Islam Di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada pelaksanaan tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II. Pada tes awal, rata-rata hasil belajar siswa 26%, meningkat menjadi 63% pada siklus I dan 89% pada siklus II.

Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar

Research on a scientific work entitled "Using the Make a Match Type Cooperative Learning Model to Improve Learning Outcomes of Class X Students in Motorcycle Business Engineering (TBSM) Material Acculturation of Local, Hindu-Buddhist, and Islamic Culture in Indonesia at SMK Negeri 1 Calang". This study aims to improve student learning outcomes in the material of Acculturation of Local Culture, Hindu-Buddhism, and Islam in Indonesia by using the Make a Match cooperative learning model. The subjects in his research were class X students of TBSM SMK Negeri 1 Calang for the 2021/2022 academic year. Data were obtained through observation, observation, pre-test, cycle I test, and cycle II test. The results of the study show that the use of the Make a Match type of cooperative learning model can improve student learning outcomes in the material of Acculturation of Local Culture, Hindu-Buddhism, and Islam in Indonesia. This can be seen from the results of research on the implementation of the initial test, cycle I test, and cycle II test. In the pre-test, the average student learning outcomes were 26%, increasing to 63% in cycle I and 89% in cycle II.

Keywords: Make a Match Type Cooperative Model, Learning Outcomes

 

 


Full Text:

PDF

References


Angkoro dan Kosasi. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Burton. J. 1984. Conflict: Resolution and Prevention. London: MacMillan Press.

Dimyati dan Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad XXI: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Inayah, I. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Pkn melalui Penerapan Model Make a Match di Kelas IV SDN Panggung Jepara. Tesis. Universitas Muria Kudus.

Kartodirdjo, S. 1988. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: 1500- 1900: dari Emporium sampai Inperium. Jakarta: Gramedia.

Mardiatmadja. 1998. Tantangan Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.

Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati, E. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IIS 2 di SMA Negeri 2 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Laporan Skripsi.

Riyanti. N. N. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JPGSD. 6 (4). 440-450.

Rosdijati, N. 2010. Praktek Pakem IPS SD. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, W. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R.E. 2006. Educational Physchology: Theory and Practice (8 th Edition), Boston: Pearson Education. Inc.

Solihatin. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Stahl, R.J. 1994. Cooperative Learning in Social Studies; A Handbook for Teacher. New York: Addision Wesley Publishing Company Inc.

Uno, H.B. 2012. Belajar dan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, M. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda