PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS XI MIA-2

Khairiah Khairiah, Murnia Suri

Abstract


Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Calang dan penerapan pembelajaran inkuiri dalam kegiatan belajar mengajar di kelas khususnya pada siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Calang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata dan sejelas-jelasnya mengenai apakah pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Calang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini mengambil subjek siswa dan siswi kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Calang dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes esay. Pada tes awal nilai rata-rata siswa 4,00, pada siklus I nilai rata-rata siswa 5,12, pada siklus II nilai rata-rata siswa 5,72, pada siklus III nilai rata-rata siswa 7,44. Dengan demikian, penerapan pembelajaran inkuiri dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Calang tahun pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: Unsur intrinsic, cerpen dan Pembelajaran inkuiri.

The scope of this study is to increase the ability to analyze the intrinsic elements of short stories in class XI MIA-2 students of SMA Negeri 1 Calang and the application of inquiry learning in teaching and learning activities in class, especially for students of class XI MIA-2 SMA Negeri 1 Calang. The purpose of this research is to get a more real and clear picture of whether inquiry learning can improve the ability to analyze the intrinsic elements of short stories in class XI MIA-2 SMA Negeri 1 Calang in the 2021/2022 academic year. This study took the subject of class XI MIA-2 SMA Negeri 1 Calang with a total of 36 students. Data collection was carried out using the essay test method. In the initial test the average value of students was 4.00, in cycle I the average value of students was 5.12, in cycle II the average value of students was 5.72, in cycle III the average value of students was 7.44. Thus, the application of inquiry learning in teaching and learning activities can improve the ability to analyze the intrinsic elements of short stories in class XI MIA-2 students of SMA Negeri 1 Calang in the 2021/2022 academic year.

Keywords: Intrinsic elements, short stories and inquiry learning.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi Muksin. 1983. Strategi Belajar Mengajar Ketrampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan.

Antara, I.G.P. 1986. Teori Sastra. Singaraja: FKIP. UNUD.

Arikunto Suharsini, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astini Ni Nyoman. 2012: 13. (Skripsi) Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Dongeng Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas XII E SMA Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2011/2012. Denpasar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati.

Atar Semi. 1984. Dasar-Dasar Anatomi Sastra. Singaraja: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNDIKSHA.

Badrun, Ahmad. 1983. Ilmu Sastra. Surabaya: Usaha Nasional.

Darisman, Muh, dkk. 2007. Ayo Belajar Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Kridalaksana, Harimurti. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Netra, I. B. 1976. Metode Penelitian. Singaraja, Biro Pendidikan dan Penerbit Unud.

Nurgiantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurkencana, Sunartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Rosidi, Ajip. 1973. Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sanjaya, H. Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert. E. 2008. Cooperative Learning; Teori, Riset dan Praktik. Bandung: PT. Nusa Media.

Sudjana. 1989. Metode Statiska. Bandung: Tarsito.

Sugyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: CV. Alfbeta.

Sumardjo dan Saini KM. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Trianto, M.Pd. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi. Pustaka.

Wardani, I.G.A.K. 2008. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widya, Wendi, dkk. 2006. Bahasa Indonesia. Klaten: Intan Pariwara




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda