PEMBELAJARAN IPA BERBASIS AL-QURAN DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING

Herawati Herawati

Abstract


Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat manusia dalam setiap aspek kehidupannya, termasuk pendidikan.Implementasi pendidikan Islam di sekolah disampaikan melalui sejumlah mata pelajaran yang seharusnya pula menanamkan konsep-konsep pembelajaran dengan rujukan utamanya adalah al-Qur’an.Banyak ayat al-Qur’an yang mengisyaratkan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi di alam terutama IPA. Masalahnya paradigma umum yang berkembang sampai saat ini adalah “IPA merupakan ilmu pengetahuan produk bangsa Barat non-muslimâ€, sehingga semakin memperluas praktik dikotomi pendidikan yang mulai terindikasi sejak pertengahan abad ke-13 M. Dalam kasus ini, pembelajaran berbasis al-Qur’an dijadikan sebagai salah satu upaya reformasi pendidikan Islam yang hendaknya dapat diterapkan oleh setiap guru bidang studi dalam setiap KBM, demikian pula IPA. Agar aplikasi pembelajaran berbasis al-Qur’an menjadi lebih menarik dan bermakna secara permanen, maka setiap proses pembelajaran sepatutnya disajikan dengan pendekatan active learning. Teknis penerapan pembelajaran IPA berbasis al-Qur’an dengan pendekatan active learning yang efektif, meliputi: tahap perencanaan/persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut terkait Pembelajaran IPA Berbasis Al-Qur’an dengan Pendekatan Active Learning ini guna memperoleh beberapa tujuan, yaitu: untuk mengetahui: (1) teknis persiapan/perencanaan pembelajaran, (2) teknis pelaksanaan, (3) dan teknis evaluasi pembelajaran IPA berbasis al-Qur’an dengan pendekatan active learning. Metode penelitian bersifat kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket di lapangan.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam tahap perencanaan dilakukan beberapa bentuk persiapan, di antaranya; (1) pelatihan kurikulum pembelajaran berbasis al-Qur’an (Fahmul Qur’an), (2) perancangan perangkat pembelajaran, dan (3) validasi perangkat.  Untuk tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan 5 fase, yaitu: fase 1; menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa,  fase 2; menyajikan informasi dan menjelaskan ayat-ayat penunjang materi, fase 3; mengorganisasi siswa dalam kelompok belajar, fase 4; membimbing kelompok belajar siswa, dan fase 5; evaluasi dan memberikan penghargaan. Sedangkan teknis evaluasi pembelajaran mengacu pada konsep penilaian autentik.

Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Berbasis Al-Quran, Pendekatan Active Learning

Full Text:

PDF

References


Purwanto, Agus. Ayat-ayat Semesta; Sisi Al-Quran yang Terlupakan, Bandung: Mizan Pustaka, 2008.

Nasution, Harun. Pembaharuan dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Jumsai. W. Creswell, dan Clark, V. L. P,Designing and Conducting Mixed Method Research, London: Sage Publ, 2007.

Abdussalam, Suroso.Arah & Asas Pendidikan Islam, Bekasi: Sukses Publishing, 2011.

Dwikomentari, D. SoSQ (Solution Spiritual Quotient), Jakarta: Pustaka Zahra, 2005.

Fajar Hidayah & PTC Learning School Indonesia, Materi Pelatihan Fahmul Qur’an Tenaga Pendidik Provinsi Aceh, Jakarta: Fajar Hidayah, 2008.

PTC Learning School, Suplemen Modul Pendekatan Active Learning Pelatihan Fahmul Quran, Jakarta: PTC Learning School Indonesia, 2010.

Profil Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah, 2006.

Silabus Integrasi, Kelas 1 - 6 Semester 2 SD FHIBS Tahun Pelajaran 2015/2016.

Yayasan Fajar Hidayah, Dokumentasi Fajar Hidayah Integrated Boarding School Aceh, FHIBS Aceh, 2007.

Munif Chatib, Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara, Bandung: Kaifa Learning, 2011.

-------, Sekolahnya Manusia, Bandung: Kaifa, 2011.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Zainal Abidin Bagir et al, Integrasi Ilmu dan Agama; Interpretasi dan Aksi, Bandung; Mizan Pustaka, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana, 2011




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v4i2.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda