PENGEMBANGAN KEMAMPUAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS MELALUI METODE AUDIO LISTENING PADA SISWA KELAS 1 SMPN JAYA ACEH JAYA

Murnia Suri, Halimatussakdiah Halimatussakdiah

Abstract


Kegiatan berkomunikasi dilakukan secara lisan dan tulisan melalui bahasa. Keterampilan bahasa salah satunya ditentukan oleh penguasaan kosakata. Demikian halnya untuk menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di Indonesia. Pada tingkat sekolah menengah pertama, bahasa Inggris tercantum sebagai mata pelajaran muatan local yang artinya waktu yang tersedia untuk pelajaran ini lebih sedikit dari pelajaran lainnya. Hal ini berdampak pada lemahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris bagi para lulusan. Dalam penelitian terhadap 43 orang siswa kelas 1 SMPN 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya melalui metode belajar audio bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris mereka. Melalui metode yang berpusat pada pendengaran ini, siswa diperdengarkan sebuah informasi ringan untuk kemudian dapat menangkap, memahami dan mengingat informasi tersebut. Berdasarkan hasil test yang dilakukan dalam dua tahap ini diketahui bahwa 67.44% (29 orang) siswa dapat melaksanakan kegiatan tersebut sehingga ada perubahan positif dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris mereka. 

Kata Kunci: Peningkatan Vocabulary, Metode Pembelajaran Audio

Communication activities are carried out orally and literally through a language. One of language skills is determined by vocabulary mastery. The same goes for mastering English as the second language in Indonesia. At the junior high school level, English is listed as a local content subject, which means that the time available for this lesson is less than for other subjects. This has an impact on the weak mastery of English vocabulary for graduates. This field research to 43 students on the first grade of SMPN 1 Jaya, Aceh Jaya District through audio learning method with the aim to improve the students’ English vocabulary mastery. By applying this hearing-centred method, the students are listened to a light piece of information to then be able to capture, understand and remember the messages. Based on the results of the tests carried out in two stages, it is found that 67.44 % (29 students) who can carry out the activities so that there is a positive change in their English vocabulary mastery.

Key words: Vocabulary Improvement, Audio Learning Method



Full Text:

PDF

References


Anggowo Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Brown, H. Douglas. 2004. Language Assesment: Principle and Classroom Practice. New York: Pearson Education, Inc.

Hamalik Umar, 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harmer, Jeremy. 2013. The Practice of English Language Teaching. London: Longman.

Izzan, Ahmad, 2010. Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora

Simorangkir. Imelda September 2017. Penggunaan Audio -Lingual Method dalam Pelatihan Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. E.Dimas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

https://www.researchgate.net/publication/320129661_Penggunaan_Audio-Lingual_Method_dalam_Pelatihan_Bahasa_Inggris_pada_Siswa_Sekolah_Dasar

Siregar, Evelin. Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pora, Yusran. 2013. Enrich Our Vocabulary Through Reading and Idioms. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan Djago. 2018. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Thornbury, Scott. 2015. How to Teach Vocabulary. England: Pearson Education Limited.

Tungka, Novalita F. 2010. Teknik Penugasan English Vocabulary Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Media Titbang Sulteng III No 1. ISSN: 1979-5971.

Ummah, Sumihatul. 2016. Penerapan Metode ALM dalam Pembelajaran Speaking English di SMP Islam An-Nidhomiyah Pamekasan. Nuansa Vol.13 Januari-Juni 2016.

W. Gulo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda