PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN BERHITUNG PADA KELOMPOK A DI TK LAMPUUK KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan problem yang dialami guru dan dilatarbelakangi kurang kemampuan berhitung anak yang dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran berhitung. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permbelajaran berhitung dan bagaimana respons anak terhadap pembelajaran berhitung untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Lampuuk Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok A yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembaran observasi anak data yang terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif melalui pembelajaran berhitung pada setiap siklusnya. Pada siklus I (MB) mulai berkembang 39%, (BSH) berkembang sesuai harapan 36%, (BSB) berkembang sangat baik 5%. Pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu (BSH) berkembang sesuai harapan 25%, (BSB) berkembang sangat baik 55%.
Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Melalui Pembelajaran Berhitung
This research is related to the problems experienced by teachers and the background is the lack of children's numeracy skills which is affected by the lack of use of media in learning to count. This research is to find out how to improve children's cognitive abilities through learning to count and how children's responses to learning to count to improve children's cognitive abilities in Lampuuk Kindergarten, Lhoknga District, Aceh Besar. The subjects in this study were group A children, totaling 20 children consisting of 11 boys and 9 girls. In this study the researcher used child observation sheets to collect data, then analyzed using the percentage formula. The results showed that there was an increase in cognitive ability through learning to count in each cycle. In cycle I (MB) began to develop 39%, (BSH) developed as expected 36%, (BSB) developed very well 5%. In cycle II it increased even more, namely (BSH) developed as expected 25%, (BSB) developed very well 55%.
Keywords: Cognitive Ability, Through Numeracy Learning
Full Text:
PDFReferences
Ajhuri, K.F. (2019). Psikologi perkembangan pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Alexander (2010), Tahap Pengenalan Bilangan: Masa Kritis Bagi Anak.
Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah, 2006. Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudltul Athfal Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas (2000). Permainan Berhitung di Taman Kanak-kanak. Jakarta: DirektoratPendidikan Dinas Peningkatan Mutu Taman Kanak-Kanak.
Ernawulan dan Mubiar, Mublar 2018. Buku Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini.
Hermawan, K., Mujono, dan Suherman, A. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Bandung: UPI Press.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak, Pedoman Pengembangan Silabus di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Masitoh, dkk. (2014). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Monks F.J., Knoers A.M.P., & Hadintono Siti R. 2016. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Montolalu. 2015, Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Novi, Kurnia. 2009. Belajar Angka yang Menyenangkan Klanten: Intan Pariwara.
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika
Sujiono, Yuliani, N. 2019. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks
Susanto, Ahmat. 2011. Pengantar Anak Usia Dini pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group
Slameto, Suyanto. 2005. Pembelajaran
.
Tarigan, Daitin. 2016. Pembelajaran Matematik Realistic. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi.
Thahir, A. (2018). Psikologi perkembangan. Lampung: Aura Publishing.
Undang-undang RI No.20 Tahun 2003-2006 Tentang Sisdiknas, Bandung; Citra Umbara.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.3054
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by